24 C
id

Ie Seuum: Destinasi Wisata Relaksasi dan Keindahan Alam di Aceh Besar

 

Wisata Ie Seuum
Wisata Ie Seuum,  Aceh Besar


AchehNetwork.com - Aceh Besar, salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia, dikenal dengan berbagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya. 


Salah satu objek wisata yang semakin populer di kalangan wisatawan adalah Ie Seuum, sebuah sumber air panas alami yang menawarkan pengalaman relaksasi dan keindahan alam yang memukau. 


Artikel ini akan mengulas keunikan, fasilitas, dan aktivitas yang bisa dilakukan di Ie Seuum.


Keunikan Ie Seuum

Ie Seuum adalah sebuah pemandian air panas alami yang terletak di Desa Ie Seuum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Nama "Ie Seuuem" berasal dari bahasa Aceh yang berarti "air panas". 


Sumber air panas ini terletak di kaki Bukit Seulawah, dikelilingi oleh hutan hijau yang menciptakan suasana tenang dan menenangkan.


Menurut laman resmi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh, sumber air panas Ie Seuum berasal dari Kompleks Gunung Api Seulawah Agam, salah satu gunung api aktif di Aceh. 


Mata air panas Ie Seuum muncul ke permukaan melalui jalur lemah pada zona releasing bend akibat adanya sesar mendatar. 


Potensi geowisata ini tidak hanya menarik untuk relaksasi, tetapi juga untuk edukasi kebumian dan kegiatan ilmiah lainnya.



Fasilitas di Ie Seuum

Ie Seuum telah dikembangkan menjadi objek wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung:


  1. Kolam Pemandian: Terdapat kolam pemandian dengan suhu air yang bervariasi, termasuk tiga kolam permanen khusus anak-anak dan dua kolam untuk pria dan wanita yang dipisahkan oleh dinding tinggi untuk menjaga privasi.
  2. Kamar Ganti dan Kamar Mandi: Tersedia kamar ganti dan kamar mandi yang bersih dan nyaman bagi pengunjung yang ingin berganti pakaian atau mandi setelah berendam.
  3. Warung dan Kios: Di sekitar area pemandian terdapat warung dan kios yang menjual makanan ringan, minuman, serta suvenir khas Aceh.
  4. Area Piknik: Terdapat area piknik dengan meja dan bangku bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan bersama keluarga atau teman-teman di tengah alam.



Aktivitas di Ie Seuum

Berendam di air panas tentu menjadi aktivitas utama di Ie Seuum, namun ada beberapa aktivitas lain yang bisa dinikmati pengunjung:


  1. Trekking dan Hiking: Area sekitar Ie Seuum menawarkan jalur trekking dan hiking yang menantang dengan pemandangan alam yang indah. Pengunjung dapat menikmati udara segar dan keindahan hutan Aceh Besar.
  2. Fotografi Alam: Keindahan Ie Seuum dan sekitarnya menjadikannya lokasi yang ideal untuk fotografi. Baik pemandangan kolam air panas, hutan hijau, maupun flora dan fauna setempat, semuanya menawarkan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen yang indah.
  3. Relaksasi dan Meditasi: Suasana tenang dan damai di Ie Seuum membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk relaksasi dan meditasi. Pengunjung dapat duduk di sekitar kolam, mendengarkan suara alam, dan merasakan ketenangan yang sulit ditemukan di kota.



Tips Berkunjung ke Ie Seuum

Agar kunjungan ke Ie Seuum nyaman dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:


  1. Waktu Kunjungan: Sebaiknya kunjungi Ie Seuum di pagi hari atau sore hari untuk menghindari panas terik matahari. Waktu ini juga cenderung lebih sepi, sehingga pengunjung dapat lebih menikmati suasana.
  2. Pakaian yang Tepat: Kenakan pakaian yang nyaman dan bawa pakaian ganti. Jangan lupa membawa handuk dan perlengkapan mandi.
  3. Persiapan Fisik: Jika berencana untuk trekking atau hiking, pastikan kondisi fisik dalam keadaan baik dan bawa perlengkapan yang diperlukan seperti air minum, topi, dan alas kaki yang nyaman.
  4. Kebersihan: Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti aturan yang ada di kawasan wisata.


Ie Seuum di Aceh Besar adalah destinasi wisata alam yang ideal untuk relaksasi dan menikmati keindahan alam Aceh. 


Kunjungan ke Ie Seuum tidak hanya memberikan kesegaran fisik, tetapi juga ketenangan jiwa, menjadikannya destinasi yang layak untuk dikunjungi saat berada di Aceh Besar. Sangat direkomendasikan untuk berlibur di akhir pekan!***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll