24 C
id

Keindahan Kota Sabang: Surga Wisata yang Mempesona

 

wisata sabang
Wisata Sabang



AchehNetwork.com - Siapa yang tak kenal Kota Sabang di Aceh? Kota kepulauan ini terkenal dengan keindahannya yang memikat perhatian hingga mancanegara. 


Terletak di ujung barat Indonesia, Sabang semakin menarik dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah berkat pesona alamnya yang terus meningkat.



Pesona Pantai Teupin Layeu

Salah satu destinasi unggulan di Sabang adalah Pantai Teupin Layeu, yang juga dikenal dengan nama Pantai Iboih. 


Pantai ini terletak sekitar 23 kilometer dari pusat kota, tepatnya di Gampong Iboih, Kecamatan Sukamakmue. 


Dari Pantai Iboih, pengunjung dapat menikmati pemandangan Pulau Rubiah yang mempesona dengan keindahan alam bawah lautnya.


Pantai Teupin Layeu sangat direkomendasikan untuk wisatawan, terutama bagi penulis dan vlogger yang mencari inspirasi. 


Banyak bungalow dengan teras menghadap lautan biru, menjadi tempat yang ideal untuk menikmati keindahan dan memetik inspirasi. Setiap sudutnya menawarkan pemandangan yang menakjubkan.



Eksplorasi Pulau Rubiah

Pengelola wisata di Pantai Teupin Layeu menyediakan boat-boat untuk menyeberang ke Pulau Rubiah. 


Wisatawan dapat menikmati taman bawah laut yang dihuni berbagai biota laut, termasuk ikan-ikan cantik yang memanjakan mata. 


Perjalanan ini semakin menarik dengan adanya boat kaca yang memungkinkan pengunjung melihat keindahan bawah laut tanpa harus menyelam.



Pengalaman Wisata yang Menakjubkan

Salah seorang pelancong, Herman, mengungkapkan kekagumannya terhadap keindahan Pantai Teupin Layeu. Ia merasa nyaman dengan suasana pantai yang damai dan eksotis, serta air laut yang tenang. 


Di Pantai Iboih dan Pulau Rubiah, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan berbagai spesies bawah laut seperti ikan hias dan terumbu karang melalui snorkeling atau diving. 


Untuk pemula, snorkeling menjadi pilihan yang tepat dengan bimbingan guide profesional.



Penghargaan untuk Desa Wisata Iboih

Desa Iboih juga mendapatkan pengakuan nasional dengan meraih juara satu kategori Kelembagaan dan CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Lingkungan Berkelanjutan) di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023). 


Penghargaan ini menunjukkan bahwa Desa Iboih memiliki legalitas berbadan hukum dan pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan dengan manajemen risiko dan penerapan CHSE berstandar nasional.


Penghargaan ini diterima langsung oleh Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, yang mengungkapkan bahwa penghargaan ini memotivasi mereka untuk terus meningkatkan pelayanan dan kualitas atraksi wisata. 


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, juga mengapresiasi pencapaian ini dan berharap agar Desa Iboih terus berinovasi, mempromosikan, serta mengembangkan potensi wisata lainnya.


Dengan segala keindahan dan prestasinya, tidak heran jika Sabang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. 


Setiap titik di Sabang menawarkan keindahan yang tiada tara, menjadikannya surga wisata bagi siapa saja yang datang.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll