24 C
id

Menikmati Keindahan Ujong Pancu: Surga Tersembunyi di Aceh Besar yang Jadi Destinasi Favorit Para Mancing Mania

 

wisata, Ujong Pancu
Menikmati Keindahan Ujong Pancu


AchehNetwork.com - Ujong Pancu adalah salah satu kawasan paling menakjubkan di Aceh Besar. Terletak di kaki gunung dan pinggir pantai, Ujong Pancu menjadi surga bagi para pecinta memancing. 


Pantainya yang landai, dipenuhi bebatuan besar dan tenang tanpa ombak, menjadikannya lokasi sempurna untuk memancing dan bersantai.



Suasana Pantai yang Menawan

Di sepanjang pantai, Anda akan menemukan banyak pondok kafe yang berjejer di pinggir jalan, menawarkan pemandangan langsung ke laut dari atas tebing. 


Tempat ini ideal untuk menikmati suasana pantai sambil bersantai.



Petualangan Mendaki Gunung

Bagi Anda yang suka menjelajah, Ujong Pancu juga menawarkan petualangan mendaki gunung. Meski tidak terlalu tinggi, gunung ini memiliki jalur pendakian yang sudah dilengkapi tangga semen. 


Di puncaknya, terdapat makam seorang ulama terkenal Aceh, Syeikh Hamzah Fansuri, yang dikenal di kawasan ini sebagai Tgk Ujong Pancu. 


Pada hari Jumat, banyak peziarah yang mengunjungi makam ini. Jika Anda berencana untuk berziarah, disarankan membawa bekal terutama air minum karena lokasinya cukup tinggi.



Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Aceh Besar

Ujong Pancu juga merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Aceh Besar. Kawasan ini fokus pada pemeliharaan mangrove dan terumbu karang. 


Sebelum tsunami melanda Aceh, Ujong Pancu dikenal dengan hutan mangrove yang luas dan hijau. 


Berbagai pihak, termasuk LSM, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, dan Pemerintah Provinsi Aceh, sedang berupaya mengembalikan kawasan ini sebagai hutan mangrove dan penyelamatan terumbu karang.



Komunitas dan Kehidupan Lokal

Secara administratif, Ujong Pancu terletak di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. 


Di kawasan ini terdapat beberapa desa dengan penduduk yang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Pada hari Minggu atau libur, kawasan ini ramai dikunjungi oleh para mancing mania.



Akses dan Rekomendasi

Akses jalan menuju Ujong Pancu dari Banda Aceh sudah sangat baik. Jadi, jika Anda berkunjung ke Banda Aceh atau Aceh Besar dan menyukai kegiatan memancing, wisata religi, atau menikmati keindahan gunung dan pantai, Ujong Pancu adalah destinasi yang wajib dikunjungi. 


Nikmati keindahan alam, kegiatan memancing, serta petualangan mendaki di surga tersembunyi ini.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya