24 C
id

Meriahkan HUT RI ke-79, Pemerintah Aceh Kibarkan 79 Bendera Merah Putih di Mercusuar Willem's Torrent III Pulo Breueh untuk Kembalikan Rasa Nasionalisme

 

HUT RI ke-79
Meriahkan HUT RI ke-79, Pemerintah Aceh Kibarkan 79 Bendera Merah Putih di Mercusuar Willem's Torrent III Pulo Breueh untuk Kembalikan Rasa Nasionalisme



AchehNetwork.com - Pemerintah Aceh, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar kegiatan pengibaran 79 Bendera Merah Putih di Mercusuar Willem's Torrent III, Pulo Breueh. 


Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 6 Juli 2024, dengan tujuan memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.



Pembagian Bendera untuk Masyarakat

Selain pengibaran bendera, Kesbangpol Aceh juga membagikan 500 lembar bendera kebangsaan kepada masyarakat setempat. 


Gerakan ini merupakan bagian dari arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI.



Dukungan dan Antusiasme Masyarakat

Operator Menara Suar Willem's Torrent III, Indra Wahyudi, menyampaikan rasa gembiranya atas kegiatan ini. 


"Belum pernah ada kegiatan seperti ini sebelumnya di sini. Kami sangat senang dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan hari ini," ujarnya.



Menggugah Rasa Nasionalisme

Indra menambahkan bahwa pengibaran Bendera Merah Putih di Mercusuar Willem's Torrent III bertujuan menggugah kembali rasa nasionalisme masyarakat dalam rangka peringatan kemerdekaan. 


Pemilihan mercusuar ini sebagai lokasi pengibaran bendera didasarkan pada nilai sejarahnya. 


Dibangun pada tahun 1875 oleh Pemerintah Belanda, mercusuar ini menjadi salah satu dari tiga yang ada di dunia, dengan dua lainnya berada di Belanda dan Kepulauan Karibia.



Sejarah Mercusuar Willem's Torrent III

Mercusuar setinggi 45 meter dengan enam tingkat dan 168 anak tangga ini merupakan peninggalan bersejarah yang masih aktif digunakan, berbeda dengan mercusuar di Belanda yang kini telah diubah menjadi museum.



Partisipasi SKPA dan Instansi Lainnya

Pengibaran bendera ini merupakan hasil dari penggalangan yang melibatkan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), BUMN, lembaga vertikal, dan instansi pemerintahan. 


Gerakan ini juga diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Aceh yang turut menggelar penggalangan bendera serupa.


Dengan semangat kebersamaan dan nasionalisme, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momen yang mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Aceh dalam menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll