24 C
id

Mitos atau Fakta? Mandi Malam Menyebabkan Rematik? Berikut Penjelasannya...

 

Mandi Malam
Gambar Ilustrasi/pixabay.com


AchehNetwork.com - Mandi malam sering kali menjadi topik yang kontroversial di kalangan ibu-ibu yang melarang anaknya mandi di malam hari karena khawatir akan terkena rematik.



Apa Itu Rematik?


Rematik adalah kondisi medis yang menyebabkan nyeri pada persendian akibat peradangan atau mengkerutnya kapsul sendi. 


Kondisi ini dapat sangat menyiksa, terutama jika penderita terkena udara dingin di malam hari.



Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?


Menurut Halodoc, rematik disebabkan oleh kapsul sendi yang mengkerut akibat paparan air dingin atau udara dingin. 


Oleh karena itu, bagi penderita rematik, sangat tidak dianjurkan untuk mandi malam dengan air dingin.



Solusi Aman Mandi Malam:


  • Gunakan Air Hangat: Mandi malam dengan air hangat dapat membantu mencegah nyeri sendi.
  • Waktu Mandi: Sebaiknya mandi dua jam sebelum tidur, saat tubuh sudah tidak berkeringat.



Penjelasan Medis:


Dr. Ita Fajria Tamim menjelaskan, "Rematik adalah penyakit autoimun di mana sistem imun tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri, terutama persendian. Secara sederhana, tubuh tidak mengenali persendian, sehingga diserang oleh imun."



Manfaat Mandi Malam:


  • Relaksasi: Mandi malam dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks setelah beraktivitas seharian. Air dingin atau hangat bisa menenangkan otot yang tegang dan mengurangi stres, sehingga membuat tidur lebih nyenyak.
  • Kesehatan Kulit: Mandi sebelum tidur membersihkan kotoran, minyak, dan bakteri di kulit, yang dapat meningkatkan kualitas tidur karena tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran lebih tenang.



Tradisi Mandi Malam di Pesantren:


Beberapa pesantren menerapkan aturan agar santri mandi sebelum waktu subuh. Dikutip dari NU Online, Mbah Hasyim menyarankan santri untuk mandi malam antara jam 12 hingga sebelum subuh. 


Menurutnya, mandi pada waktu tersebut memiliki khasiat yang baik bagi tubuh dan membantu santri lebih fokus belajar dini hari.



Kesimpulan:


Meski ada kekhawatiran bahwa mandi malam dapat menyebabkan rematik, faktanya hal ini lebih berkaitan dengan paparan udara dingin atau air dingin pada penderita rematik. 


Mandi malam dengan air hangat justru dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu relaksasi dan menjaga kebersihan kulit.


 Jadi, mandi malam bisa tetap dilakukan dengan bijak, terutama jika menggunakan air hangat dan dilakukan beberapa jam sebelum tidur.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll