24 C
id

Nyang Deuëk-Troë Musang Lampôh, Musang Trôh Talayan Lagèe Raja: Pj Bupati Nagan Raya Serahkan 319 Sertifikat Tanah Pada Warga Transmigrasi

Serfitikat Tanah, Tranmigrasi, Jawa Trans
Pj Bupati Nagan Raya Serahkan 319 Sertifikat Tanah Pada Warga Transmigrasi


AchehNetwork.com – Penjabat Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, menyerahkan 319 sertifikat tanah kepada warga transmigrasi di UPT IV Kecamatan Darul Makmur. 


Penyerahan ini dilakukan sebagai langkah memperjelas kepemilikan lahan yang ditempati oleh warga.


Mengurangi Ketimpangan dan Meningkatkan Keadilan Sosial

Dalam sambutannya, Fitriany Farhas menyatakan bahwa penyerahan sertifikat tanah ini bertujuan untuk mengurangi ketimpangan dalam struktur Pemilikan, Penguasaan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (P4T). 


Selain itu, sertifikat ini memberikan kepastian hukum bagi warga yang memenuhi persyaratan sehingga dapat meningkatkan keadilan sosial dan ekonomi.


"Permasalahan kepemilikan lahan warga transmigrasi dan sosialisasi pelaksanaan retribusi tanah adalah bagian dari pelaksanaan TORA 2024 di areal pelepasan kawasan hutan di UPT IV Seuneuam," kata Fitriany pada Kamis, 4 Juli 2024.


Perlindungan Hukum dan Peningkatan Kualitas Hidup

Fitriany juga menekankan pentingnya program redistribusi tanah yang memberikan kepastian perlindungan hukum bagi masyarakat pemegang hak tanah dan penggarap lahan. 


Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


"Program-program tersebut menjadi langkah menjamin kepastian hukum dan meningkatkan kualitas masyarakat," ujarnya.


Harapan bagi Penerima Sertifikat

Kepada warga penerima sertifikat hak milik atas tanah, Fitriany berharap agar tanah tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi ladang peningkatan kesejahteraan ekonomi. 


Ia juga mengingatkan masyarakat untuk menaati ketentuan tata ruang yang berlaku dan tidak mengalihkan hak kepemilikan kepada pihak lain.


"Terkhusus kepada semua aparatur pemerintahan, baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten agar ikut mengedukasikan tentang pentingnya legalitas aset tanah. Agar masyarakat benar-benar memiliki kepastian hukum serta dilindungi undang-undang," ucapnya.


Program Strategis Nasional

Penyaluran ratusan sertifikat tanah ini merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Transmigrasi. 


Program ini dilanjutkan dengan sosialisasi redistribusi tanah tahun 2024 untuk lahan usaha sebanyak 150 bidang tanah, masing-masing seluas 0,5 hektare. 


Ini merupakan tanah Pelepasan Kawasan Hutan (PKH) Transmigrasi.


Fitriany menyebutkan bahwa program ini merupakan program strategis nasional dalam rangka Reforma Agraria yang ditingkatkan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. 


Program ini bertujuan untuk membangun Indonesia dari pinggiran serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sesuai dengan Perpres Nomor 63 Tahun 2023 tentang Reforma Agraria.


Dengan adanya penyerahan sertifikat ini, diharapkan warga transmigrasi memiliki kepastian hukum atas lahan yang mereka tempati dan dapat mengelola tanah tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya