24 C
id

Perjalanan Ekstrem Danrem 011/Lilawangsa ke Makam Cut Meutia, Danrem Prihatin Kondisi Makam Tak Terawat dan Akses Jalan Susah

Makam Cut Meutia, Pahlawan dari Aceh
Danrem dan rombongan berziarah ke Makam Cut Meutia/


Napak Tilas Ekstrem Menuju Makam Pahlawan Nasional Cut Meutia


AchehNetwork.com - Pada Selasa (02/07/2024), Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Ali Imran beserta rombongan melakukan perjalanan ekstrem ke Makam Pahlawan Nasional Cut Meutia yang terletak di pegunungan Gampong Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara. 

Perjalanan ini memakan waktu sekitar empat jam dari ibukota kecamatan, melewati medan yang terjal dengan menggunakan motor trail dan berjalan kaki melalui jalur sungai berbatuan licin.


Perjuangan Menembus Medan Berat


Kondisi medan yang menantang tidak menyurutkan semangat Danrem dan rombongan untuk mencapai makam Cut Meutia. 

Mereka harus beralih dari motor trail ke mobil offroad, yang akhirnya juga tidak mampu melanjutkan perjalanan. 

Akhirnya, mereka berjalan kaki untuk sampai ke lokasi yang berada di tengah hutan. 

"Sangat memprihatinkan, tidak ada akses jalan yang layak. Ini menyulitkan para peziarah yang ingin berkunjung," ujar Danrem Ali Imran.


Pentingnya Perbaikan Akses dan Pemeliharaan Makam


Makam Cut Meutia, yang merupakan salah satu monumen sejarah perjuangan Indonesia, terlihat tidak terurus dan belum memiliki akses jalan yang memadai. 

Kolonel Ali Imran menyatakan bahwa banyak yang ingin berziarah, namun kondisi jalan dan makam yang kurang terawat menjadi kendala utama. 

Dalam kunjungannya, Danrem bersama Region Head PTPN I Langsa berkomitmen untuk membuka akses jalan dan memperbaiki kondisi makam agar dapat dijadikan destinasi wisata sejarah yang layak.


Kolaborasi untuk Meningkatkan Akses dan Pemeliharaan


Dalam peninjauan tersebut, Danrem 011/Lilawangsa didampingi oleh Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar beserta para Danramil dan anggota Kodim 0103/Aut, Kasi Ops Korem 011/LW Mayor Inf Doni Prasetyo, serta Region Head PTPN I Langsa Syahriadi Siregar beserta staf. 

Rombongan juga melaksanakan doa bersama di Makam Cut Meutia yang dipimpin oleh Kapten Inf Zulkhaizir. 

"Insya Allah, ke depannya TNI bersama PTPN akan berupaya membuka akses jalan dan melakukan perbaikan makam," ungkap Danrem Ali Imran.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll