24 C
id

Petualangan Seru di Lhok Jawa: Pesona Wisata Alam Ulu Masen di Aceh Jaya

 

Ulu Masen, Lhok Jawa
Petualangan Seru di Lhok Jawa: Pesona Wisata Alam Ulu Masen di Aceh Jaya



AchehNetwork.com - Bagi Anda yang berjiwa petualang, kawasan wisata Lhok Jawa adalah destinasi yang wajib dikunjungi. 


Terletak di kaki ekosistem Ulu Masen, Lhok Jawa menawarkan pemandangan pegunungan yang menawan dan aliran sungai yang mempesona. 


Belum banyak dikenal oleh wisatawan domestik, namun sudah menjadi favorit bagi wisatawan mancanegara.



Eksplorasi Ekosistem Ulu Masen

Lhok Jawa terletak di permukiman Ligan, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya. 


Aliran sungai di sini cukup deras, menggoda para pengunjung untuk menguji nyali dengan berenang atau arung jeram kecil-kecilan. 


Warga lokal sering memanfaatkan sungai ini untuk mandi, bercengkrama, dan memancing ikan Keureuleng, yang menjadi ciri khas sungai di pantai barat Aceh.



Keunikan Ikan Keureuleng

Menurut Hendri, seorang penduduk setempat, jika Anda terus menjelajah ke arah hulu, Anda bisa menemukan ikan Keureuleng berukuran besar, seukuran lengan orang dewasa. 


Ikan ini memiliki cita rasa yang lezat dan konon dulunya hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan dan raja-raja di Kabupaten Aceh Jaya.



Pos CRU Sarah Deu: Konservasi dan Petualangan

Di dekat Lhok Jawa, Anda akan menemukan pos Conservation Response Unit (CRU) Sarah Deu. Pos ini merupakan tempat konservasi gajah, di mana Anda bisa melihat lima ekor gajah jinak. 


Gajah-gajah ini bertugas menjaga keseimbangan hutan dan membantu mengusir gajah liar yang mendekati pemukiman warga.



Petualangan Bersama Gajah

Untuk Anda yang senang berjalan-jalan di hutan, gajah-gajah jinak ini siap mengantar wisatawan mengitari hutan menuju kawasan Rangkoh. 


Perjalanan selama dua jam ini akan membawa Anda melewati pohon-pohon besar dan aneka tumbuhan langka. Setelah berkeliling, Anda bisa menginap di hutan, menambah nuansa petualangan yang eksotis.



Rute Menuju Air Terjun SP V

Selain rute Rangkoh, Anda juga bisa menikmati rute menuju air terjun SP V. Kali ini, perjalanan dilakukan dengan sepeda motor 2 tak, dilanjutkan dengan berjalan kaki. 


Sesampainya di air terjun, semua rasa penat akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.



Menuju Lhok Jawa dan Sarah Deu

Untuk mencapai Lhok Jawa dan Sarah Deu, Anda bisa menggunakan angkutan umum jenis minibus L-300 atau kendaraan sewaan. 


Lokasi wisata ini berjarak lebih dari 100 kilometer ke arah barat dari pusat Kota Banda Aceh, dan perjalanan selama dua jam akan disuguhi pemandangan pegunungan yang mempesona.



Nikmati Petualangan yang Tak Terlupakan

Dengan keindahan alam yang masih alami dan berbagai kegiatan petualangan yang ditawarkan, Lhok Jawa dan Sarah Deu adalah destinasi yang sempurna bagi Anda yang mencari pengalaman liburan yang berbeda. Jadi, siapkan diri Anda untuk petualangan seru dan nikmati pesona alam di Ulu Masen.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll