24 C
id

Polres Gayo Lues Akan Gelar Operasi Patuh 2024, Fokus Utama Pengendara Motor Tanpa Helm Depan dan Belakang

Polres Gayo Lues, Operasi Patuh 2024
Ilustrasi/



AchehNetwork.com - Polres Gayo Lues akan menggelar Operasi Patuh 2024 dengan fokus utama pada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm depan dan belakang. 


Kapolres Gayo Lues, AKBP Setiyawan EP, melalui Kasat Lantas Iptu Syafaruddin, menegaskan pentingnya budaya memakai helm bagi keselamatan diri sendiri dan orang lain.



Wajib Lengkapi Dokumen Kendaraan

Selama Operasi Patuh, yang berlangsung selama 14 hari dari 15 hingga 28 Juli 2024, pengendara juga diwajibkan untuk melengkapi diri dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan surat-surat kendaraan lainnya yang sah. 


Operasi ini akan melibatkan tim gabungan yang terdiri dari 75 personel.



Sosialisasi Sebelum Penindakan

Iptu Syafaruddin menekankan pentingnya sosialisasi sebelum operasi dimulai. 


"Sebelum berurusan dengan petugas gabungan, tentu hal ini harus disosialisasikan dan disampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga terbiasa menggunakan helm depan dan belakang saat berkendara nantinya," jelasnya.


Kesadaran Mengurus SIM Meningkat di Gayo Lues

Peningkatan Pengurusan SIM

Kesadaran masyarakat Gayo Lues untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dalam enam bulan terakhir, dari Januari hingga Juni 2024, Polres Gayo Lues telah mencetak sekitar 2.500 SIM baru.


Rata-Rata Pengurusan SIM

Ini berarti rata-rata penerbitan SIM per bulan mencapai 415-420 lembar, atau sekitar 15-20 lembar SIM baru per hari. 


Iptu Syafaruddin mengaitkan peningkatan ini dengan kesadaran masyarakat serta intensifnya razia yang dilaksanakan dalam beberapa bulan terakhir.


Tujuan Razia

"Razia itu bertujuan untuk menertibkan masyarakat agar selalu mematuhi peraturan berlalulintas dan tertib di jalan raya saat berkendara. Selain itu juga bertujuan untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas," jelas Iptu Syafaruddin.


Detail Kegiatan:

  • Tanggal Operasi: 15-28 Juli 2024
  • Jumlah Personel: 75
  • Fokus: Pengendara motor tanpa helm depan dan belakang
  • Dokumen yang Diperlukan: SIM dan surat kendaraan yang sah
  • Jumlah SIM Baru (Jan-Jun 2024): 2.500
  • Rata-rata SIM Baru per Hari: 15-20


Dengan persiapan dan sosialisasi yang matang, diharapkan Operasi Patuh 2024 dapat berjalan lancar dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas di Gayo Lues.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll