24 C
id

Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Aceh: Cerah Berawan dengan Potensi Hujan dan Angin Kencang

 

BMKG Aceh, Cuaca Aceh
Gambar Ilustrasi/



AchehNetwork.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di wilayah Aceh selama tiga hari ke depan akan didominasi oleh kondisi cerah hingga berawan. 


Namun, BMKG juga memperingatkan adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah.


Aktivitas MJO dan Anomali Suhu Laut

Faqih Mufasya, prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, menjelaskan bahwa potensi hujan ini disebabkan oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) Fase 3 yang aktif di sebagian besar wilayah Indonesia. 


Selain itu, anomali Suhu Permukaan Laut (SST) di perairan utara Aceh juga mendukung proses konvektif pada skala lokal, yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.


"Kondisi ini membuat meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Aceh," ujar Faqih.


Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat

Beberapa wilayah di Aceh yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai kilat dan angin kencang antara lain:


  • Gayo Lues
  • Aceh Barat Daya
  • Aceh Tengah
  • Banda Aceh
  • Aceh Besar
  • Aceh Barat


Pada Minggu (7/7), wilayah Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Sabang, Bener Meriah, Pidie, Aceh Timur, Langsa, Aceh Utara, dan Aceh Tamiang diperkirakan akan mengalami angin kencang disertai hujan.


Pada Senin, daerah yang berpotensi hujan disertai angin kencang meliputi Aceh Barat Daya, Aceh Tengah, Aceh Barat, Nagan Raya, Bener Meriah, Pidie Jaya, dan Lhokseumawe.


Prakiraan Tinggi Gelombang

Faqih juga melaporkan prakiraan tinggi gelombang di jalur penyeberangan Perairan Sabang - Banda Aceh berada dalam kategori rendah (0,50-1,25 meter), sementara perairan Meulaboh - Sinabang masuk kategori sedang (1,25-2,50 meter). 


"Berdasarkan prakiraan, tinggi gelombang di perairan Aceh selama tiga hari ke depan diperkirakan aman untuk aktivitas laut dan pelayaran," tambahnya.



Imbauan BMKG

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat berkendara karena penurunan jarak pandang dan jalanan licin saat hujan. 


"Kami juga mengimbau untuk menghindari daerah yang dikelilingi pepohonan yang rawan tumbang dan tetap waspada terhadap potensi bencana lainnya yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Serta tetap sedia payung, jas hujan, dan selalu menjaga kesehatan," pungkas Faqih.


Tetap update dengan informasi cuaca terbaru dan persiapkan diri Anda untuk menghadapi perubahan cuaca yang mungkin terjadi.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll