24 C
id

Satpol PP Nagan Raya Mengimbau Pelaku Usaha di Lokasi Wisata untuk Menghindari Pelanggaran Syariat

Wisata Nagan Raya
Gambar ilustrasi dan Kasatpol PP Nagan Raya, Saiful Bahri


AchehNetwork.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Nagan Raya mengingatkan seluruh pelaku usaha dan pemilik kafe di lokasi wisata untuk tidak menyediakan tempat yang berpotensi menyebabkan pelanggaran syariat Islam. 


"Kami meminta kepada pelaku usaha atau pemilik tempat usaha agar tidak menyediakan tempat yang tertutup sehingga rawan terjadi pelanggaran syariat Islam," ujar Kasatpol PP Nagan Raya, Saiful Bahri, pada hari Rabu (10/7).



Upaya Pencegahan Pelanggaran Syariat


Saiful Bahri menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima beberapa laporan dari masyarakat mengenai pelanggaran syariat yang terjadi di tempat wisata di Nagan Raya. 


"Pemkab Nagan Raya juga mengimbau kepada semua pengunjung tempat wisata untuk menghormati qanun syariat dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar syariat," tambahnya.


Patroli Rutin di Lokasi Wisata


Untuk mencegah pelanggaran syariat Islam di lokasi wisata, Saiful menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan patroli rutin setiap hari di tempat-tempat wisata di Nagan Raya. 


"Saat ini, fokus patroli kami adalah di lokasi wisata karena banyaknya pengunjung di tempat-tempat tersebut. Dalam satu kali patroli, kami bisa mengerahkan hingga 15 personel," ungkapnya.


Bimbingan dan Nasihat kepada Pengunjung


Saiful menjelaskan bahwa pihaknya sering mendapati pasangan non-muhrim yang duduk bersama di tempat-tempat ramai tanpa melanggar syariat, seperti tidak duduk berdekatan. 


Dalam kasus seperti itu, pihaknya hanya memberikan bimbingan dan nasihat kepada pasangan tersebut. 


"Biasanya kami melakukan patroli setelah dzuhur, tergantung dari jumlah pengunjung, bisa sampai malam atau hanya sampai siang dan sore saja," tutupnya.


Satpol PP Nagan Raya berharap dengan adanya langkah-langkah tersebut, pelanggaran syariat di lokasi wisata dapat diminimalisir, dan masyarakat serta pelaku usaha dapat terus mendukung upaya penegakan syariat Islam di wilayah Nagan Raya.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya