24 C
id

Gunung Merapi Mengalami Erupsi, BPPTKG Imbau Masyarakat Menjauhi Zona Bahaya 7 Km dari Puncak

Gunung Merapi Mengalami Erupsi
Ilistrasi gunung merapi mengalami erupsi.
(Foto: tangkap layar di Detikjateng)
SLEMAN - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilaporkan mengalami erupsi pada tanggal 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam keterangan resminya yang diterima oleh detikJateng, Sabtu (11/3/2023) menyatakan bahwa terjadi luncuran awan panas guguran dari Gunung Merapi.

BPPTKG menjelaskan bahwa arah luncuran awan panas tersebut menuju ke Kali Bebeng atau Krasak. Namun, BPPTKG belum dapat memastikan jarak luncuran awan panas tersebut. Saat ini erupsi masih terus berlangsung dan masyarakat diimbau untuk menjauhi zona bahaya Merapi.

"Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak," pungkas keterangan BPPTKG.

Sebagai catatan, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif yang terletak di antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.930 mdpl dan sering kali mengalami erupsi. Oleh karena itu, BPPTKG selalu melakukan pemantauan secara rutin terhadap aktivitas Gunung Merapi dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi bahaya erupsi.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA