24 C
id

Karhutla Merebak di Nagan Raya: Upaya Pemadaman Terus Dilakukan

Karthutla Nagan Raya
kebakaran lahan dan hutan (Karhutla)
NAGAN RAYA - Kabupaten Nagan Raya kembali dilanda kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang semakin meluas. Saat ini, luas lahan yang terbakar mencapai 22,5 hektare dan tersebar di lima lokasi di beberapa kecamatan di daerah tersebut.

Irfanda Renaldi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya, mengungkapkan bahwa titik api di lahan gambut yang terbakar terdapat di Kecamatan Darul Makmur, Kuala, dan Kuala Pesisir, meliputi lima gampong.

BPBD Nagan Raya bersama dengan tim gabungan telah mengarahkan sembilan unit mesin pompa air untuk memadamkan api.

Namun, mereka menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber air, lahan gambut yang sulit dipadamkan, dan angin kencang.

Irfanda menjelaskan bahwa ada tiga titik lahan gambut yang terbakar, yaitu Gampong Sumber Bakti dan Gampong Kaye Unoe di Kecamatan Darul Makmur, serta Gampong Lawa Batu dan Gampong Alue Ie Mameh di Kecamatan Kuala.

Selain itu, terdapat juga kebakaran di Gampong Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir.

Sejak tanggal 12 Juni 2023, petugas telah melakukan upaya pemadaman, tetapi dua titik baru muncul dalam dua hari terakhir. Karena akses jalan yang sempit, mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) tidak dapat mencapai lokasi kebakaran.

Oleh karena itu, petugas gabungan dari BPBD, polisi, dan TNI dibantu oleh masyarakat setempat terpaksa melakukan pemadaman secara manual dengan menggunakan mesin pompa dan sumber air yang terbatas.

"Saat kejadian pada tanggal 12 Juni di Gampong Sumber Bakti, 13 Juni di Gampong Kaye Unoe, dan 14 Juni di Gampong Lawa Batu, Kecamatan Kuala. Saat ini, kondisinya masih dalam proses pendinginan, dan semoga besok tidak muncul titik api baru," ujar Irfanda.

Pada titik pertama, api sudah berhasil dipadamkan 100 persen dengan luas lahan terbakar empat hektare di Gampong Kaye Unoe. Sementara itu, pemadaman api baru mencapai 80 persen dengan luas lahan terbakar 6,5 hektare di Gampong Lawa Batu.

Di lokasi lain, karhutla di Gampong Alue Ie Mameh sudah berhasil dipadamkan dengan luas lahan terbakar diperkirakan satu hektare.

Namun, kebakaran di Gampong Suak Puntong belum dapat dipadamkan, dan luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar delapan hektare.

"Total luas lahan yang terbakar di Kabupaten Nagan Raya, sejak tanggal 12 Juni 2023 hingga hari ini, mencapai kurang lebih 22,5 hektare," tambah Irfanda.

Saat ini, petugas terus berupaya melakukan pemadaman dan berusaha untuk memutus rantai api agar tidak menjalar ke lahan yang belum terbakar.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll