24 C
id

Kebakaran Lahan Menghanguskan 1 Hektar di Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya

Kebakaran Lahan
Kebakaran Lahan (Foto: serambinews.com)
ACEH BARAT DAYA - Sebuah peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, menciptakan kekhawatiran dan kepedulian bagi masyarakat sekitar. Menurut informasi yang diterima dari Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya (Pusdalops BPBK Abdya), kejadian ini terjadi pada Sabtu (17/06/2023) sekitar pukul 16.56 WIB. Kebakaran lahan kali ini terjadi di jalan 30 Gampong Rukun Damai dan Gampong Mata Ie di Kecamatan Babahrot.

Dalam keterangan yang diberikan oleh Kepala BPBK Abdya, Armayadi ST, melalui petugas Pusdalops, disebutkan bahwa luas lahan yang terdampak kebakaran adalah sekitar 0,5 hektar di jalan 30 Gampong Rukun Damai dan 0,5 hektar di Gampong Mata Ie, Kecamatan Babahrot. Penyebab pasti dari kebakaran tersebut masih dalam proses penyelidikan.

Menurut kronologi kejadian yang dijelaskan oleh Armayadi, pada Jumat, 16 Juni 2023, sekitar pukul 16.20 WIB, Pos Damkar Kuala Batee menerima laporan dari masyarakat tentang adanya kebakaran lahan sawit di beberapa titik api, termasuk di jalan 30 Gampong Rukun Damai dan Gampong Mata Ie. 

Menanggapi laporan tersebut, Kepala BPBK Abdya melalui Sekretaris BPBK dan Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Penanggulangan Kebakaran segera mengirim personil dari Pos Damkar Kuala Batee, Pos Damkar Induk Blangpidie, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) dibantu oleh masyarakat setempat menuju lokasi kejadian.

Satu unit mobil rescue dan tiga unit mesin pompa air portable juga diterjunkan untuk membantu dalam upaya pemadaman api. Proses pemadaman dan pendinginan dilakukan dengan intensitas hingga pukul 16.30 WIB. Namun, kendala yang dihadapi adalah sulitnya akses jalan bagi mobil pemadam kebakaran.

Terlibat dalam penanggulangan kebakaran ini adalah tim dari BPBK (Pos Damkar Kuala Batee dan Pos Induk), TRC BPBK, TNI, Polri, dan masyarakat setempat yang bekerja sama secara sinergis.

Dalam menghadapi kejadian seperti ini, perlu adanya kesadaran dan kewaspadaan bersama untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan yang dapat mengancam lingkungan dan kehidupan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya