24 C
id

Petugas Lapas Berhasil Menggagalkan Penyelundupan Narkotika ke Dalam Lapas Kelas II B Idi

Penyelundupan Narkotika
Petugas Lapas Berhasil Menggagalkan Penyelundupan Narkotika ke Dalam Lapas Kelas II B Idi. (Foto: Dok. Lapas Kelas II B Idi)
ACEH TIMUR - Sebuah upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu berhasil digagalkan oleh petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) di Lapas Kelas II B Idi, Aceh Timur. Tersangka dengan inisial MZ diamankan oleh petugas pada Rabu (8/6/2023) menjelang Magrib.

Kalapas Kelas II B Idi, Aceh Timur, Irhamuddin, menjelaskan bahwa petugas P2U menerima barang titipan dari MZ yang hendak dikirimkan kepada seorang narapidana di lapas tersebut, yang memiliki inisial Zf. Petugas kemudian memeriksa barang titipan tersebut yang ternyata berupa nasi goreng, namun mereka menemukan sebuah benda mencurigakan yang dibungkus daun.

"Benda tersebut kemudian dibuka dan ditemukan 2 paket barang yang diduga sabu dalam bentuk kristal serta uang tunai sebesar Rp 220 ribu," ungkap Kalapas.

Petugas segera melaporkan kejadian ini kepada Kepala KPLP serta Kasi Binadik Giatja dan Kasi Adm Kamtib. Sementara itu, MZ langsung diamankan oleh petugas sambil menunggu kedatangan anggota Satreskoba Polres Aceh Timur. Saat ini, tersangka telah dibawa ke Mapolres Aceh Timur untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Keberhasilan petugas dalam menggagalkan upaya penyelundupan narkotika ini sangat penting dalam menjaga keamanan di dalam lapas. Upaya penyelundupan narkotika dapat membahayakan narapidana lainnya dan merusak lingkungan di dalam lapas. Dengan tindakan tegas petugas, mereka berhasil mencegah narkotika masuk ke dalam lingkungan penjara.

Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya pengawasan ketat terhadap pengiriman barang ke dalam lapas. Petugas Lapas harus senantiasa waspada dan teliti dalam memeriksa barang-barang yang akan masuk ke dalam lapas untuk mencegah aksi penyelundupan narkotika atau benda terlarang lainnya.

Kepolisian Aceh Timur akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ini untuk mengungkap jaringan penyelundupan narkotika yang ada di balik upaya ini.

Tindakan tegas dan hukuman yang setimpal harus diberikan kepada para pelaku yang terlibat dalam kegiatan ilegal ini. Keberhasilan dalam menggagalkan penyelundupan narkotika ini juga memberikan pesan yang kuat bahwa hukum akan ditegakkan dengan keras terhadap pelaku kejahatan narkotika.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll