24 C
id

Shalat Istisqa di Aceh Tengah dan Bener Meriah: Doa yang Dikabulkan, Hujan Turun Setelah Kemarau Panjang

Shalat Istisqa
Ilustrasi Shalat Istisqa (Foto: net)
ACEH TENGAH -  Cuaca di Aceh belakangan ini sangat panas dan kering selama beberapa minggu terakhir. Tidak hanya itu, bencana kebakaran hutan dan lahan bahkan kebakaran rumah warga terus terjadi di dataran tinggi Gayo.

Melihat situasi yang semakin memburuk, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) setempat mengajak warga untuk melaksanakan shalat istisqa atau shalat meminta hujan.

Merespon ajakan tersebut, pada Jumat, 23 Juni 2023, sejumlah jemaah di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah melaksanakan shalat istisqa.

"Alhamdulillah, sore tadi hujan turun. Mungkin doa para jemaah saat melaksanakan shalat istisqa telah didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT," ujar Pak Jali, seorang warga Kemili, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Pak Jali juga mengungkapkan bahwa dirinya sendiri ikut serta dalam shalat istisqa bersama jemaah lainnya di salah satu lapangan di kawasan Pegasing, Kecamatan Pegasing, Kabupaten setempat.

 "Kemarin kami melaksanakan shalat istisqa, dan saya juga mendengar kabar bahwa di beberapa tempat juga dilakukan shalat meminta hujan," tambahnya.

Sebagai informasi, shalat istisqa pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW empat tahun sebelum beliau wafat. Pada saat itu, wilayah Madinah mengalami kekeringan selama hampir satu tahun.

Umat Islam saat itu merasakan kesulitan yang luar biasa dan memohon kepada Rasulullah agar berdoa kepada Allah SWT untuk mengirimkan hujan.

Mendengar permintaan tersebut, Rasulullah pun melakukan Salat Istisqa di Masjid Gammah yang berjarak 500 meter dari Masjid Nabawi di Madinah.

Beliau memimpin umat Islam melaksanakan shalat istisqa. Setelah shalat, hujan pun turun di sekitar Madinah selama beberapa hari. Shalat istisqa dilakukan beberapa kali selama hidup Nabi.

Sementara itu, wilayah Aceh Tengah mulai diguyur hujan deras pada Sabtu, 24 Juni 2023, sekitar pukul 18.00 WIB.

Begitu pula dengan Kabupaten Bener Meriah, juga mengalami guyuran hujan. Namun, sekitar pukul 20.00 WIB, intensitas hujan mulai mereda di kawasan tersebut.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll