24 C
id

Hujan Deras dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon Kelapa Sawit di Aceh Tamiang

angin kencang
Pohon tumbang (Foto: aceh.tribunnews)
ACEH TAMIANG - Hujan deras yang disertai angin kencang mengakibatkan sebatang pohon kelapa sawit tumbang di Kampung Bundar, Kecamatan Karangbaru, Aceh Tamiang, pada Sabtu petang (8/7/2023).

Insiden ini terjadi menjelang Magrib ketika cuaca di lokasi kejadian sedang diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Seorang warga setempat, Alin Genk, mengungkapkan bahwa hujan pada saat itu sangat deras, padahal di siang hari cuaca sangat terik.

Pohon yang tumbang melintang di tengah jalan raya yang menghubungkan antar kampung di daerah tersebut.

Beruntung tidak ada kendaraan yang melintas saat kejadian, sehingga tidak ada korban yang terjadi. Namun, ukuran batang pohon yang besar menyebabkan jalan tertutup sepenuhnya.

Alin segera melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat karena jika tidak segera dibersihkan, jalan akan tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Kabid Darlog BPBD Aceh Tamiang, Bambang Supriyanto, turun langsung ke lokasi dan menjelaskan bahwa proses evakuasi ditunda hingga hujan deras berhenti.

Petugas piket Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Regu C Pos I Karangbaru juga dikerahkan untuk membantu dalam evakuasi.

Dalam operasi tersebut, petugas menggunakan satu unit dozer dan gergaji mesin untuk memotong batang pohon menjadi beberapa bagian.

"Proses pengerjaan selesai dilakukan sekitar pukul 20.56 WIB," kata Bambang. Setelah pohon berhasil dievakuasi, arus lalu lintas di lokasi kejadian sudah kembali normal.

Namun, Bambang mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati karena perubahan cuaca dapat menyebabkan hujan ekstrem.(*)


Update berita dan artikel menarik lainnya di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya