24 C
id

RS Terapung KM Malahayati Tiba di Aceh, Mengarungi Lautan Membawa Misi Kemanusiaan

KM Malahayati
KM Malahayati (Foto: net)
BANDA ACEH -  RS Terapung KM Malahayati, yang dilepas langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, akhirnya telah sampai di Aceh pada Minggu, 2 Juli 2023.

KM tersebut berlayar dari Dermaga Kade Inggom VVQ9+5M6 pada tanggal 10 Juni 2023 dan berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, setelah melintasi lautan selama 24 hari.

Meskipun KM ini membawa 12 Anak Buah Kapal (ABK) dan enam tenaga medis, mereka mengalami penundaan jadwal karena cuaca buruk.

Ribka Ciptaning, Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPP PDI Perjuangan, menjelaskan bahwa awalnya RS

Terapung KM Malahayati dijadwalkan tiba di Pelabuhan Malahayati pada hari Sabtu.

"Namun karena cuaca yang buruk, jadwal kedatangan ditunda hingga hari ini sekitar pukul 01.00 WIB, di pelabuhan Ulee Lheue," ujarnya.

Ribka menambahkan bahwa meskipun ada penundaan, misi kemanusiaan tetap berjalan sesuai jadwal selama tiga hari, yaitu dari tanggal 1 hingga 3 Juli 2023.

"Kegiatannya meliputi pengobatan gratis, pembagian sembako, bantuan sosial, dan juga pembagian peralatan kesehatan seperti kursi roda untuk penyandang disabilitas dan lansia."(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya