24 C
id

Temuan Bom di Aceh Utara: Evakuasi dan Peledakan Aman oleh Tim Gegana

Penemuan benda, diduga bom, Gampong Leubok Pusaka, Aceh Utara, evakuasi, pendisposalan
Peledakan aman oleh tim Gegana (Foto: atjehwacth)
ACEH UTARA - Pada hari Jumat, tanggal 7 Juli 2023, masyarakat Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, dikejutkan dengan penemuan sebuah benda yang diduga bom. 

Benda tersebut berhasil diamankan di pos pemuda setempat dan dievakuasi oleh Tim Jibom Gegana Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Aceh.

Benda tersebut memiliki bentuk tabung yang terbuat dari besi dan ujungnya yang lonjong dilengkapi dengan dua utas kabel.

Selanjutnya, benda tersebut dibawa ke sebuah lahan kosong yang jauh dari pemukiman warga untuk dilakukan pendisposalan oleh tim Gegana.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K, melalui Kasi Humas Iptu Bambang, menjelaskan bahwa sebelum dilakukan pendisposalan, benda diduga bom tersebut dievakuasi ke lokasi peledakan menggunakan perlindungan pelindung bom (bomb blanket).

"Pada tengah hari, benda diduga bom yang merupakan peninggalan dari masa konflik berhasil diledakkan oleh tim Gegana," ujar Iptu Bambang.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa benda yang diduga bom tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Frendi (20 tahun) ketika sedang mencari ikan di sungai.

Benda tersebut terjebak di jaring milik warga dan kemudian dipindahkan ke pos pemuda di Dusun Cermai, Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, pada Rabu malam tanggal 5 Juli 2023.

Penemuan benda yang diduga bom ini telah menciptakan kekhawatiran di kalangan masyarakat setempat.

Dalam situasi seperti ini, peran Tim Jibom Gegana Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Aceh sangatlah penting untuk menjamin keamanan dan keselamatan warga.

Semoga tindakan evakuasi dan pendisposalan benda tersebut dapat menghilangkan potensi bahaya dan menjaga kedamaian di Gampong Leubok Pusaka.(*)


Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di: GOOGLE NEWS

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya