24 C
id

Waspada! Polres Aceh Barat Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Curanmor

Pencurian Motor
Ilustrasi Pencurian Motor (Foto: Ist)
ACEH BARAT - Polres Aceh Barat memberikan imbauan kepada masyarakat setempat untuk tetap waspada terhadap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor.

Aparat penegak hukum telah mendapatkan informasi mengenai kasus kehilangan dan upaya pembobolan rumah yang berkaitan dengan kejahatan tersebut.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, melalui Kasat Reskrim, Iptu Fachmi Suciandy, mengungkapkan bahwa masyarakat perlu waspada ketika meninggalkan kendaraan bermotor di rumah atau tempat kerja.

Tanpa pengamanan yang memadai, kendaraan dapat dengan mudah dibobol oleh para pencuri dengan menggunakan peralatan yang sering digunakan.

Fachmi menekankan agar masyarakat terus waspada terhadap kasus Curanmor, baik saat meninggalkan kendaraan di rumah maupun saat memarkirkannya.

Penggunaan pengamanan ganda sangat disarankan agar kendaraan tidak mudah dibobol oleh pencuri yang berniat mencuri sepeda motor masyarakat.

"Jadi, pastikan kendaraan Anda terkunci dengan baik dan gunakan pengaman ganda ketika meninggalkannya. Hal ini akan membuatnya sulit bagi pencuri untuk mencuri sepeda motor Anda," kata Fachmi pada hari Rabu, 5 Juli 2023.

Fachmi juga mengungkapkan bahwa modus operandi pencurian saat ini semakin beragam, dan para pencuri menggunakan berbagai strategi agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Mereka bisa berpura-pura duduk atau berdiri di dekat kendaraan yang menjadi target mereka, lalu saat situasi sepi dan tidak terawasi, mereka dengan mudah membawa kabur sepeda motor korban hanya dengan menggunakan kunci T.

Selain itu, Fachmi mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan handphone saat sedang berkendara.

Hal ini tidak hanya mengganggu konsentrasi dalam berkendara, tetapi juga membahayakan pengendara lain.

Jika terdapat tanda-tanda mencurigakan saat sedang berkendara, masyarakat diminta untuk berhenti di tempat yang ramai.

"Pastikan kendaraan Anda diparkir di tempat yang mudah terlihat atau di area yang memiliki penjaga keamanan, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Di rumah, pastikan untuk mengunci pintu atau memarkirkan kendaraan di tempat yang sulit dijangkau oleh pencuri," ujar Fachmi.


Selain itu, Fachmi memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan sepeda motor, antara lain:

1. Kunci stang ke kanan: Mengunci stang ke kanan dianggap lebih aman untuk mengurangi risiko pencurian.

2. Parkir di posisi terdalam: Memarkir kendaraan di posisi terdalam akan menyulitkan pencuri ketika berusaha mencuri.

2. Pasang perangkat tambahan: Saat ini sudah banyak tersedia kunci pengaman tambahan di pasaran, seperti gembok cakram.

Disarankan untuk menggunakan kunci ganda karena telah terbukti dapat mencegah pencurian.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan ini, diharapkan masyarakat dapat menjaga kendaraan mereka agar tetap aman dari aksi pencurian yang merugikan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya