24 C
id

Kejaksaan RI Membuka Lowongan Baru: Rekrutmen CPNS 2023 Dengan Ribuan Peluang Karir Menarik!

Kejaksaan RI, rekrutmen CPNS 2023, formasi CPNS, ribuan peluang karir, seleksi pegawai negeri sipil
rekrutmen CPNS 2023 (Istagram/@kejaksaan.ri)
Jakarta  – Tahun ini, Kejaksaan Republik Indonesia (RI) mempersiapkan langkah baru dengan menggelar rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 yang menjanjikan ribuan formasi yang menarik para pencari pekerjaan.


Kabar ini disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana, yang membenarkan bahwa rekrutmen CPNS akan segera dilaksanakan tahun ini.

Informasi mengenai rekrutmen ini bisa ditemukan di akun Instagram resmi Biro Kepegawaian Kejaksaan dengan username @biropegkejaksaan.

Kapuspenkum Kejagung menyatakan, "Benar, awal September rekrutmen akan dimulai. Pantau terus media sosial Kejaksaan untuk informasi lebih lanjut," seperti yang dilaporkan dari Kompas.com.

Informasi lebih lanjut mengenai jumlah formasi yang tersedia serta syarat-syarat pendidikan yang dibutuhkan juga akan diumumkan melalui akun tersebut.

Berdasarkan informasi yang telah diunggah di akun @biropegkejaksaan, Kejaksaan RI akan membuka total 7.846 formasi CPNS dalam seleksi tahun ini.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan RI, Hermon Dekristo.

Dekristo menyatakan, "Kami membuka ribuan formasi jaksa karena instansi kami menghadapi kekurangan tenaga yang signifikan. Ini juga dikarenakan banyaknya jaksa yang memasuki masa pensiun," seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Selain formasi CPNS, Kejaksaan RI juga akan memberikan peluang dengan membuka rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 249 formasi.

Dekristo menjelaskan, "Selain CPNS, kami juga akan mengadakan seleksi PPPK terutama untuk posisi di bidang kesehatan, terutama untuk mengisi formasi di Rumah Sakit Adhyaksa. Totalnya adalah 249 formasi."

Dari total formasi CPNS yang dibuka, yaitu 7.846, akan dibagi untuk empat posisi yang berbeda. Keempat posisi tersebut adalah Jaksa, Petugas Barang Bukti, Pengelola Penanganan Perkara, dan Penjaga Tahanan.

Menariknya, Kejaksaan RI juga memberikan peluang bagi lulusan SMA atau sederajat untuk ikut dalam seleksi ini. Dua dari empat posisi yang dibuka dapat diisi oleh mereka yang memiliki ijazah SMA.

Hal ini adalah kesempatan yang menarik bagi para talenta muda, baik yang baru lulus maupun yang memiliki pengalaman kerja.

Dekristo juga mengungkapkan, "Mari para talenta muda, baik yang baru lulus atau yang telah berpengalaman, ayo ikuti perkembangan kami di Instagram @kejaksaan.ri untuk informasi terpercaya dan terbaru."


Dalam rincian formasi yang diunggah, berikut adalah beberapa posisi serta syarat pendidikan yang dibutuhkan oleh Kejaksaan RI:


1. Jaksa

Kualifikasi pendidikan: S1 Ilmu Hukum atau S1 Hukum


2. Pengelola Penanganan Perkara

Kualifikasi pendidikan: SLTA/sederajat


3. Petugas Barang Bukti

Kualifikasi pendidikan: D3 Ekonomi, D3 Manajemen, D3 Teknik Informatika, D3 Akuntansi, D3 Sekretari, D3 Kesekretariatan, D3 Humas, D3 Perpajakan


4. Penjaga Tahanan

Kualifikasi pendidikan: SLTA/Sederajat


Selain itu, Kejaksaan RI juga menetapkan beberapa syarat umum untuk pendaftaran CPNS, termasuk usia antara 18 hingga 35 tahun (27 tahun maksimal untuk formasi jaksa), kesehatan jasmani dan rohani, tinggi badan yang sesuai, berat badan ideal, dan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.


Selamat untuk para calon pendaftar CPNS Kejaksaan RI 2023!

Ayo manfaatkan kesempatan ini untuk bergabung dalam lembaga yang berperan penting dalam sistem hukum Indonesia.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya