24 C
id

Daftar Rank 6-9 Bandara Tersibuk di Indonesia, Bahkan di Antaranya Ada yang Melayani 4 Juta Penumpang per Tahun Loh

Bandara tersibuk di Indonesia, Transportasi udara, Aktivitas bandara, Bandara internasional, Lalu lintas udara
Ilustrasi Bandara tersibuk di Indonesia (pixabay.com)

AchehNetwork.com - Bandara adalah gerbang awal bagi petualangan di langit biru, dan di Indonesia, beberapa bandara menjadi pusat aktivitas transportasi udara yang sibuk.

Bandara bukan hanya tempat pesawat lepas landas dan mendarat, tetapi juga menjadi titik registrasi penumpang yang datang dan pergi, menciptakan keramaian luar biasa yang tak pernah berhenti.


Dalam sebuah video di kanal YouTube Daftar Terdepan yang berjudul "10 Bandara Tersibuk Di Indonesia" pada 10 Mei 2023, peringkat 6 hingga 9 bandara tersibuk di Indonesia telah diungkap, dan inilah daftar yang menarik perhatian:



9. Bandara Internasional Hasanudin


Bandara Internasional Hasanudin berada di peringkat ke-9 sebagai salah satu bandara tersibuk di Indonesia.

Bandara ini melayani sekitar 4 juta penumpang setiap tahunnya. Terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, bandara ini berlokasi sekitar 20 km timur laut dari pusat Kota Makassar dan dioperasikan oleh PT. Angkasa Putra I.



8. Bandara Internasional Hang Nadim


Bandara Internasional Hang Nadim berada di peringkat ke-8 sebagai bandara tersibuk di Indonesia, mampu melayani 5 juta penumpang per tahun.

Terletak di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, bandara ini berada di jalur perdagangan segitiga emas antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Bandara ini juga memiliki landasan pacu terpanjang kedua di Asia Tenggara dengan panjang 4.025 meter.



7. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman


Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, juga dikenal sebagai Bandara Sepinggan, menduduki peringkat ke-7 sebagai bandara tersibuk di Indonesia.

Bandara ini melayani penerbangan untuk Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dan masuk dalam daftar bandara tersibuk di Indonesia dengan melayani 6 juta penumpang setiap tahun.

Bandara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan telah beroperasi sejak 6 Agustus 1997.

Selain itu, bandara ini diproyeksikan menjadi salah satu gerbang udara menuju Ibu Kota Negara (IKN).



6. Bandara Internasional Adisutjipto


Bandara Internasional Adisutjipto menduduki peringkat ke-6 sebagai bandara tersibuk di Indonesia. 

Bandara ini adalah pintu masuk utama bagi para pelancong yang mengunjungi Yogyakarta di Jawa, Indonesia. Bandara Adisutjipto melayani sebanyak 7 juta penumpang setiap tahun.


Inilah daftar bandara tersibuk di Indonesia dari peringkat 6 hingga 9, tempat lalu lintas udara yang tak pernah sepi dan menjadi saksi perjalanan ribuan penumpang setiap tahunnya.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya