24 C
id

4 Fakta Menarik Tentang Piramida Toba yang Tak Sengaja Ditemukan, Keajaiban Tersembunyi yang Membangkitkan Misteri

Piramida Toba
Piramida Toba (Detikedu)


AchehNetwork.com - Pernahkah Anda membayangkan bahwa di tengah kawasan Toba yang indah dan megah, sebuah piramida misterius mungkin saja berdiri dengan diam?

Kabar tentang Piramida Toba ini telah menjadi sorotan dunia dan mengundang berbagai tanda tanya. 

Lokasinya diklaim memiliki kesamaan dengan Situs Gunung Padang di Cianjur, yang juga dikenal sebagai salah satu misteri arkeologi terbesar di Indonesia.


Mari kita teroka lebih jauh mengenai beberapa fakta menarik tentang Piramida Toba:


1. Tentang Dimensi dan Bentuknya


Dimensi dan bentuk Piramida Toba masih menjadi misteri yang perlu dipecahkan.

Dari apa yang bisa dilihat, sebagian badan piramida ini tampak melekat pada bukit dan menyerupai bentuk huruf A, yang menggambarkan segitiga.

Ketinggian perkiraan piramida ini mencapai sekitar 120 meter, dengan undak teras batu yang membentang dari bawah hingga puncaknya.


Batu-batu yang terdapat di sana juga terkesan sangat besar, meskipun belum ada informasi resmi yang rinci mengenai ukuran batu-batu ini.


2. Perkiraan Usia Piramida Toba


Meskipun lapisan batuan vulkanik Toba tuff yang ditemukan di sekitar lokasi ini memiliki usia sekitar 74 ribu tahun, usia sebenarnya dari struktur piramida ini masih belum dapat dipastikan.

 Penelitian lanjutan diperlukan untuk menentukan usia sebenarnya dari piramida ini.


Penelitian lebih lanjut tentang struktur dalam dan luar piramida akan terus dilakukan, karena data yang tersedia saat ini masih sangat terbatas.



3. Penemuan Struktur


Penemuan Piramida Toba terjadi ketika tim peneliti melakukan survei untuk memetakan jalur gempa di sekitar kawasan tersebut.

Penemuan ini terjadi pada bulan Maret, dan survei awal untuk pemetaan jalur gempa telah dilakukan pada tahun 2022.


Saat menemukan pola yang tidak mirip dengan struktur alamiah, peneliti memutuskan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Tim peneliti yang terlibarui melibatkan Prof. Danny Hilman Natawidjaja, M.Sc, Ph.D, bersama dengan sejumlah ahli lainnya.



4. Proses Selanjutnya


Untuk mengungkap lebih banyak misteri yang terkait dengan Piramida Toba, Danny Hilman Natawidjaja dan timnya harus melibatkan metode penelitian ilmiah yang canggih.

Mereka akan melakukan Pemetaan Light Detection and Ranging (LIDAR) untuk mengungkap struktur batu dengan lebih jelas.

Selanjutnya, Survey Geolistrik dan Georadar akan digunakan untuk mengeksplorasi ke dalam tanah.


Terakhir, penggalian geologi arkeologi pendahuluan akan membantu mengidentifikasi lapisan tanah di teras-teras piramida dan menentukan usianya melalui penanggalan radiokarbon.


Piramida Toba adalah salah satu misteri yang sangat menarik yang sedang dipecahkan oleh para peneliti, dan mungkin saja akan membawa kita pada pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah dan peradaban masa lalu.

Selama proses penelitian berlangsung, Piramida Toba tetap menjadi teka-teki yang memikat dan mengundang imajinasi kita.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya