24 C
id

Destinasi Camping Terbaru di Bener Meriah: Lembah Pentagon, Surga Alam yang Menyegarkan

Wisata Bener Meriah
Wisata Camping Lembah Pentagon Bener Meriah (Foto: TribunGayo)


AchehNetwork.com - Kabupaten Bener Meriah, tak hanya terkenal sebagai ladang kopi dengan udara sejuk nan asri, namun juga menyimpan keindahan alam yang menggoda, termasuk destinasi camping yang tak boleh dilewatkan.

Bagi para pencinta camping ala hutan belantara, kami merekomendasikan destinasi yang kekinian dan hits di Kabupaten Bener Meriah, yaitu Lembah Pentagon di Kecamatan Bukit.


Meski belum begitu terkenal di seluruh Indonesia, Lembah Pentagon sudah menjadi pilihan favorit di sekitar Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Lokasinya terletak di Kampung Blang Tampu, Blang Panas, Kecamatan Bukit Bener Meriah, hanya beberapa menit berkendara dari pusat kabupaten, Redelong.


Begitu sampai di depan pabrik Kilang Padi Kopi Blang Panas, petunjuk menuju Lembah Pentagon dapat diikuti dari papan penunjuk arah di sebelah kanan.

Perjalanan dilanjutkan lurus hingga mencapai keindahan Lembah Pentagon yang tersembunyi di belakang kilang padi tersebut.


Lembah Pentagon menyambut setiap pengunjung dengan pepohonan hijau yang rimbun, deru aliran sungai yang memikat, dan suasana yang tak tertandingi.

Bermain air di sungai yang jernih dan sejuk adalah pengalaman tak terlupakan yang mampu menghilangkan penat.

Nama "Lembah Pentagon" juga dikenal sebagai "Pentagon Garden Riverside," menjanjikan pemandangan indah yang pasti memukau.


Camping menjadi daya tarik utama di Lembah Pentagon ini. Banyak sekolah di Bener Meriah yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi edukasi, seperti kegiatan pramuka.

Terlihat jelas bahwa dalam beberapa bulan terakhir, Lembah Pentagon telah menjadi pilihan utama bagi sejumlah lembaga pendidikan di sekitarnya.

Mulai dari aktivitas pramuka yang diadakan oleh Pesantren Semayoen Nusantara di bawah koordinator Husaini Algayoni hingga kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Forum Pegiat Literasi Bener Meriah (FPLBM) bekerja sama dengan Dinas Pustaka dan Kearsipan Bener Meriah (DPKBM) dengan acara "Wisata Literasi."

Lembah Pentagon kini tampil dengan wajah baru setelah mengalami renovasi di beberapa titik tertentu.


Lembah Pentagon, milik seorang petani bernama Lamuddin, diinspirasi oleh pengalamannya merantau. Ia membangun destinasi wisata alam ini sesuai dengan potensi wisata di Dataran Tinggi Gayo. 

Konsepnya sengaja diciptakan agar para pengunjung merasakan sensasi seperti berada di hutan, meskipun lokasinya tidak jauh dari pemukiman dan jalan utama.


Lamuddin mulai merintis objek wisata ini sejak tahun 2007, membangun lokasi secara bertahap. Inspirasi ini muncul setelah melihat berbagai objek wisata di luar Aceh selama merantau.

"Saat kembali ke kampung halaman di Bener Meriah, saya berkeinginan membuka objek wisata dengan konsep berkemah," ungkapnya seperti dilansir dari RRI.


Selain konsep berkemah, Lamuddin juga mengusung konsep agrowisata dengan menanam berbagai jenis tumbuhan sehingga lokasi ini tetap terlihat alami.

Untuk kenyamanan pengunjung, Lamuddin menyediakan berbagai fasilitas yang dapat disewa, termasuk tenda untuk berkemah.

Area camping ini menghadap langsung ke aliran sungai yang tenang, memberikan pengalaman visual yang memukau.

Camping di malam hari di Lembah Pentagon adalah pilihan terbaik untuk merasakan nuansa "hidup di tengah hutan" di Dataran Tinggi Gayo. 


Pengunjung tidak perlu khawatir, karena pengelola Lembah Pentagon menyediakan fasilitas lengkap, termasuk tenda yang dilengkapi meja, kasur, sleeping bag, dan stop kontak listrik.

Tersedia juga kafe mini di area camping.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati kehangatan api unggun khas budaya Gayo, muniru, di area yang disediakan.


Lembah Pentagon yang memiliki luas 5 hektare, kini menawarkan beragam atraksi untuk melengkapi liburan yang menyenangkan.

Ada objek trekking dan hiking dengan pemandangan alam yang memukau, mendaki bukit, dan mengeksplorasi keindahan alam Bener Meriah dari ketinggian bukit.

Selain itu, tersedia berbagai wahana seperti sepedaan, outbound, panjat tebing, mancing galatama, dan atraksi memetik hasil perkebunan.


Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Lembah Pentagon, langkah pertama adalah mencapai lokasi Redelong, ibu kota Bener Meriah.

Selanjutnya, ikuti petunjuk arah untuk sampai ke destinasi ini. Bersiaplah untuk menikmati pengalaman camping yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Bener Meriah yang memesona.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll