24 C
id

Jembatan Selat Sunda, Menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera dengan Biaya Fantastis Rp100 Triliun!. Kapan Rampung?

Jembatan Selat Sunda
Ilustrasi Jembatan Selat Sunda (pixabay.com)

AchehNetwork.com - Tak ada habisnya gebrakan dalam dunia infrastruktur di Indonesia.

Kali ini, sebuah proyek mega yang patut diacungi jempol sedang dipersiapkan, yaitu pembangunan Jembatan Selat Sunda yang akan menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera dengan perkiraan biaya fantastis sekitar Rp100 triliun!


Kehebohan ini mencuat dari informasi yang dihimpun dari ekon.go.id, mengungkapkan bahwa proyek jembatan raksasa ini memiliki nama resmi, Jembatan Selat Sunda (JSS).

Tak hanya sekadar proyek, JSS dikategorikan sebagai proyek besar yang dihadirkan untuk mengurai kemacetan dan mendukung konektivitas antara kedua pulau terbesar di Indonesia.


Pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) diestimasi memiliki panjang mencapai 31 km dengan lebar 60 meter yang dapat dilintasi oleh kendaraan roda empat dan kereta api.

Posisinya melintasi Selat Sunda, berada di Selatan Provinsi Lampung hingga bagian Barat di Provinsi Banten.


Namun, kejutan sejati dari proyek ini adalah perkiraan biayanya yang mencapai Rp100 triliun.

Sebuah angka yang tidak main-main dan menunjukkan skala ambisi dan kemegahan pembangunan ini. 

Jembatan Selat Sunda (JSS) direncanakan sebagai jembatan tol sekaligus dilengkapi dengan rel kereta api, membuka peluang konektivitas darat dan rel yang efisien antar-pulau.


Meski begitu, proyek ini juga membawa tantangan besar mengingat Selat Sunda memiliki palung laut sedalam 150 meter.

Meskipun detail terkait penyelesaian proyek masih simpang siur, namun Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda (KSISS) mematok target rampung pada tahun 2025.


Sebuah proyek yang bukan hanya berbicara tentang pembangunan fisik, melainkan juga menandai langkah besar Indonesia dalam merajut konektivitas antar-pulau dan menghadirkan keberlanjutan dalam pembangunan infrastruktur.

Mari saksikan bersama perjalanan proyek megah ini yang akan mengubah wajah dan konektivitas tanah air kita!

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya