24 C
id

Kabur dari Rutan Kelas II B Takengon , Narapidana Luis Tetap Menghindar dari Jeratan Hukum!

 

Napi Kabur
Narapidana yang kabur/Dok. Rutan Kelas II B Takengon


Aceh Tengah, AchehNetwork.com - Luis, narapidana yang kabur dari Rutan Kelas II B Takengon pada Jumat (17/11) lalu, masih menjadi buron yang terus dikejar petugas.

Meskipun telah dilakukan upaya pencarian ke sejumlah daerah, termasuk di luar Provinsi Aceh, Luis masih berhasil mengelak dari jerat hukum, khususnya terkait kasus pencurian kendaraan bermotor yang menjeratnya.


Hingga saat ini, petugas yang bertugas masih terus berupaya menangkap narapidana tersebut, namun belum memperoleh hasil positif.

"Dari empat narapidana yang melarikan diri, tiga di antaranya telah berhasil kami tangkap. Namun, satu narapidana lagi masih terus kami buru," ungkap Kepala Rutan Kelas II B Takengon, Husni, dalam pernyataannya.


Pelarian Luis bersama tiga narapidana lainnya dilakukan dengan cara yang cukup nekat, melalui plafon yang tergolong rendah dan mudah diakses.

Menurut Husni, kondisi bangunan Rutan yang sudah tua menjadi faktor risiko, terutama terkait keamanan dan ketertiban di dalamnya.


"Saat kabur, salah satu alasan utamanya adalah tingginya plafon dan akses yang dekat dengan plafon, mengingat tidak ada jeruji besi yang menghalangi," jelas Husni.


Meski Rutan Kelas II B Takengon telah melakukan upaya pencegahan dengan memasang sekat-sekat di berbagai bangunan, namun narapidana masih mampu mengatasi keamanan tersebut dan berhasil melarikan diri.


Husni berharap kejadian ini akan menjadi evaluasi serius bagi pihak berwenang terkait kondisi bangunan lama Rutan Takengon.

"Kami harapkan ada evaluasi dari pimpinan mengenai kondisi bangunan yang sudah tua ini agar memudahkan petugas dalam menjalankan tugas pengamanan narapidana," tuturnya.


Meski secara teknis pembinaan terhadap narapidana telah dilakukan dengan baik, termasuk di bidang keagamaan dan keterampilan, Husni tidak menutup mata terhadap kemungkinan adanya narapidana yang memiliki niat melarikan diri.

"Kami mengimbau kepada narapidana yang kabur untuk segera menyerahkan diri, dan kepada masyarakat yang memiliki informasi agar segera melaporkan kepada petugas atau kepolisian terdekat," tambahnya.


Sebelumnya, kejadian pelarian empat narapidana dari Kelas II B Takengon terjadi saat pelaksanaan salat Jumat (17/11).

Meskipun tiga di antaranya telah berhasil ditangkap, petugas masih terus berupaya mengamankan Luis yang hingga kini masih berkeliaran di luar jeratan hukum.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll