24 C
id

Menertibkan Pesta Demokrasi: Panwaslih Aceh Tenggara Gandeng Satpol PP untuk Atasi APK Bandel

Panwaslih Aceh Tenggara
Panwaslih Aceh Tenggara Gandeng Satpol PP untuk Atasi APK Bandel/Sumber: HabaAceh.id


AchehNetwork.com - Semarak pesta demokrasi di Aceh Tenggara diramaikan dengan aksi tegas dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) yang bekerja sama erat dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Mereka bersatu untuk menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang nekat melanggar aturan, menciptakan suasana pemilu yang adil dan teratur.


Sebelumnya, Panwaslih Aceh Tenggara telah memberikan imbauan kepada partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024 untuk mematuhi aturan pemasangan APK.

Namun, imbauan itu tampaknya tak diindahkan dengan serius.

Ketua Panwaslih Aceh Tenggara, Eka Prasetio Juanda Lubis, menyampaikan bahwa pihaknya telah mengirim surat kepada partai politik untuk menegakkan keteraturan secara independen.


"Kita sudah kirim surat kepada partai politik untuk menertibkan secara mandiri, tetapi sampai batas yang ditentukan, partai politik tidak mengindahkan sehingga kita minta Satpol PP tertibkan," ungkap Eka dengan tegas pada Minggu (24/12).


Aksi penertiban dilakukan terhadap sejumlah APK yang dinilai melanggar peraturan. Tempat-tempat yang menjadi sasaran termasuk jalan nasional dan zona terlarang.

Bahkan, beberapa APK terlanjur berdiri megah di penerangan jalan umum atau melekat di tiang listrik, melanggar estetika lingkungan.


Aturan pemasangan APK sendiri sudah diatur dengan jelas dalam UU Nomor 7 tahun 2017 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2023.

Namun, tampaknya masih ada yang enggan mematuhi, sehingga Panwaslih dan Satpol PP turun tangan untuk menegakkan keteraturan.


"Sekali lagi kami mengimbau semua peserta Pemilu 2024 untuk memasang APK sesuai dengan peraturan dan jangan sampai kami temukan kembali dipasang di tempat-tempat dilarang, sebagaimana diatur di PKPU 15 tahun 2023.

Jika masih ada peserta pemilu yang bandel, maka akan kita proses sesuai peraturan yang berlaku," tegas Eka, memberikan peringatan keras bagi yang masih enggan patuh pada aturan.

Dengan langkah tegas ini, Panwaslih Aceh Tenggara membuktikan komitmennya untuk menjaga integritas dan keteraturan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll