24 C
id

Jembatan Sepanjang 100 Meter Putus, Dusun Suka Mulya di Nagan Raya Terisolasi, Anak Sekolah Terpaksa Tempuh Jarak Jauh

jembatan di Nagan Raya putus
Jembatan terputus/Foto: sekdes/serambinews.com


AchehNetwork.com - Dusun Suka Mulya, yang terletak di Desa Puloe Ie, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, kini masih dilanda kesulitan akibat putusnya sebuah jembatan gantung selama tiga bulan terakhir.

Jembatan sepanjang 100 meter tersebut tidak dapat bertahan menghadapi derasnya banjir yang melanda kawasan tersebut.

Dampaknya, penduduk dusun ini terpaksa harus menggunakan jalur alternatif yang membutuhkan perjalanan sejauh 14 kilometer untuk mencapai pusat kecamatan.

Dilansir dari Serambinews.com, Keadaan ini menjadi keluhan utama masyarakat, terutama anak-anak yang harus berjalan jauh untuk mencapai sekolah.

"Hingga saat ini, transportasi terpaksa melewati jalan di Kecamatan Kuala Pesisir sekitar 14 km," ungkap Sekretaris Desa (Sekdes) Puloe Ie, Hasyimi, yang dikutip dari Serambinews.com.

Menurut Hasyimi, Dusun Suka Mulya memiliki sekitar 285 jiwa penduduk, dan jembatan gantung yang putus tersebut merupakan akses terdekat warga untuk menuju pusat desa dan pusat Kecamatan Kuala.

Sejak putus pada Oktober 2023, masyarakat setempat merasa terkurung karena jalur yang dapat mereka lalui menjadi sangat jauh dan sulit, terutama bagi anak-anak sekolah yang harus menempuh perjalanan panjang setiap hari.

Sekdes Puloe Ie mengaku telah mendengar informasi bahwa pemerintah akan membangun kembali jembatan gantung tersebut pada tahun 2024. 

Namun, ia berharap agar informasi tersebut bukanlah hoaks dan benar-benar dapat terealisasi.

"Masyarakat berharap agar jembatan tersebut segera dibangun atau ditangani, sehingga transportasi bisa kembali lancar," harap Sekdes.

Sebelumnya, Kadis PUPR Nagan Raya, Ir Tamarlan, ST, telah mengumumkan bahwa Pemkab Nagan Raya telah mengusulkan pembangunan kembali dua jembatan yang rusak ke pemerintah pusat.

Dua jembatan tersebut adalah jembatan rangka baja Alue Buloh, Kecamatan Seunagan, yang diajukan ke Kementerian PUPR, dan jembatan gantung Puloe Ie, Kecamatan Kuala, yang diusulkan ke BNPB.

Kedua jembatan itu mengalami kerusakan pada Oktober 2023 akibat banjir.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll