24 C
id

Memudahkan Pengiriman Barang dan Hasil Kopi, Harapan PT KAI membuka Jalur Kereta Api wilayah Tengah Aceh

Kereta Api Aceh
Ilustrasi/m.ichsan


Aceh Utara, AchehNetwork.com - Transportasi diera modern sangat diperlukan sebagai tonggak kemajuan ekonomi.

Tidak terkecuali transportasi perkeretaapian. 

Sebagaimana halnya provinsi lain yang telah terhubung jalur kereta api untuk memajukan suatu daerah maupun penyaluran barang maka Aceh Tengah layak diperhitungkan dibangunnya stasiun kereta api. 

Sudah selayaknya jalur perkeretaapian Aceh dibuka rute pesisir ke hulu. Aceh Utara ke Bener Meriah, Aceh Tengah. 

"Saat ini Aceh telah memiliki jalur kereta api di pesisir tepatnya di lintas Kutablang (Bireuen) sampai Stasiun Muara Satu (Lhokseumawe)  dengan Stasiun tengah berada di kota Krueng Geukueh (Aceh Utara). Namun jalur ini masih belum berfungsi dengan sempurna karena masih terputus," pungkas warga  Lhokseumawe, Ichsan. 

Jalur kereta api Krueng Geukueh seharusnya dapat dilanjutkan atau opsi disambungkan ke arah Aceh Tengah, mengingat Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meuriah, Gayo Lues memiliki lumbung sentral perkebunan, penghasil kopi, sayuran ditambah disana juga memiliki akses bandara perintis maka sudah selayaknya jalur dan stasiun dibangun menjadi opsi pilihan masyarakat dipegunungan turun ke pesisir Aceh untuk keperluan niaga ekonomi selain itu transportasi kereta api juga memudahkan penyaluran hasil perkebunan terutama kopi dan sayuran guna menstabilkan kebutuhan pasar masyakarat, selain itu Aceh tidak lagi bergantung dengan provinsi tetangga Sumatera Utara," sambung Ichsan. 

Kereta Api di Aceh sangat dinantikan masyarakat Akses transportasi darat di Aceh terbatas saat ini. 

Sebagaimana diketahui, KAI ditahun 2024 akan melanjutkan pembangunan dan mengaktifkan rute baru Stasiun Muara Satu di Desa Blang Pulo, Lhokseumawe. 

Direktorat Jenderal Perkeretapian Kementerian Perhubungan RI, Balai  Teknik Perkeretapian Kelas I Medan memastikan awal tahun 2024 mendatang trayek kereta api Lhokseumawe - Kutablang Bireuen akan beroperasi. 

Untuk saat ini, gerbong kereta api Cut Meutia (Perintis) telah dioperasikan ke stasiun Geureugok, stasiun Krueng Mane, kemudian Bungkah dan Krueng Geukueh. 

Disebutkannya lagi, panjang jalur kereta api yang sudah aktif saat ini mencapai 21 Kilo Meter (KM) dari Krueng Geukueh sampai ke Kutablang Bireuen.

Segera dioperasikan lagi sekitar 9 KM sampai ke Blang Pulo.(M.ichsn)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll