24 C
id

Polisi Gencar Usut Kasus Korupsi di Aceh Tengah: 3 Kasus Sedang Ditangani

korupsi Aceh Tengah
ilustrasi/


Aceh Tengah, AchehNetwork.com - Aksi tegas dan berkualitas dari Kepolisian Resort (Polres) Aceh Tengah terus berlanjut di tahun 2023.

Unit Tipidkor Satreskrim Polres Aceh Tengah sedang menggulung sejumlah kasus dugaan tindak pidana korupsi, menunjukkan komitmen mereka dalam memberantas korupsi di daerah tersebut.

Salah satu kasus yang tengah menjadi fokus adalah dugaan tindak pidana korupsi terkait Proyek Pembangunan Lanjutan Pasar Bertingkat Bale Atu Kecamatan Lut Tawar.

Proyek ini menggunakan dana APBD tahun anggaran 2018 dan saat ini sedang dalam proses audit investigasi oleh BPKP perwakilan Aceh.

Kapolres Dodi Indra Eka Putra SIK mengungkapkan bahwa mereka sedang menunggu hasil audit investigasi sebelum melanjutkan langkah-langkah selanjutnya.

Kasus kedua yang tengah diproses adalah dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan desa di Kampung Dedamar Kecamatan Bintang pada tahun 2019. 

Kasus ini melibatkan Alokasi Dana Kampung (ADK) APBN dan dana Bagi Hasil Pajak Serta Retribusi Daerah.

Audit investigasi telah menghasilkan temuan kerugian sebesar lebih dari Rp 215 juta. 

Kapolres Dodi menyatakan bahwa langkah selanjutnya adalah melakukan gelar perkara untuk peningkatan status dari lidik ke sidik.

Kasus ketiga yang tidak kalah serius adalah dugaan tindak pidana korupsi terkait pengelolaan keuangan di Kampung Kute Lintang Kecamatan Pegasing, dengan kaitan tahun anggaran 2022 dan sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) tahun 2021.

Proses audit investigasi sedang berlangsung di Inspektorat Kabupaten Aceh Tengah.

Kapolres Dodi menegaskan bahwa setelah hasil audit investigasi diterbitkan oleh BPKP perwakilan Aceh dan Inspektorat Kabupaten Aceh Tengah, tim penyidik akan melakukan gelar perkara ke Polda Aceh.

Langkah ini diambil untuk meningkatkan status perkara dari lidik ke sidik, memastikan bahwa proses hukum dapat berlanjut lebih lanjut.

Kepolisian Aceh Tengah memberikan sinyal kuat bahwa pemberantasan korupsi adalah prioritas utama mereka.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll