24 C
id

Berkeinginan Ambil Jurusan Kedokteran? Berikut 4 Syarat yang Harus Kamu Persiapkan

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran
Ilustrasi/pixabay


AchehNetwork.com - Jurusan kedokteran di Indonesia terus menjadi primadona setiap tahunnya, terutama pada tahun 2023 di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN).

Fenomena ini tidak terlepas dari banyaknya calon mahasiswa yang tertarik dengan prospek karier yang luas yang ditawarkan oleh lulusan kedokteran.

Mulai dari menjadi dokter umum, dokter spesialis, tenaga pendidik, hingga pemimpin perusahaan atau rumah sakit, menjadi daya tarik utama dari jurusan ini.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH), Darien Alfa Cipta, yang juga merupakan alumni FK UPH angkatan 2007, ada beberapa persiapan yang dapat dilakukan sejak masa sekolah untuk mewujudkan impian menjadi seorang dokter.

Pertama, penguasaan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat penting.

Ini mencakup pemahaman yang kuat dalam Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Memilih jurusan IPA saat berada di bangku sekolah menengah atas (SMA) menjadi syarat utama untuk melanjutkan pendidikan kedokteran di perguruan tinggi.

Kedua, nilai rapor yang baik, terutama di mata pelajaran IPA, menjadi kunci. 

Biasanya, nilai minimal rata-rata 80 diperlukan untuk mata pelajaran IPA oleh fakultas kedokteran di universitas.

Ketiga, kemampuan berbahasa Inggris yang baik sangat diperlukan karena sebagian besar materi pembelajaran kedokteran disajikan dalam bahasa Inggris.

Oleh karena itu, penting untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris selama di sekolah agar siap menghadapi materi yang disampaikan dalam bahasa tersebut.

Keempat, aktif dalam kegiatan sosial juga penting.

Seorang dokter perlu memiliki pemahaman yang luas tentang ilmu sosial dan kemasyarakatan.

Aktivitas sosial seperti melayani di lingkungan masyarakat, mengikuti kegiatan pelayanan masyarakat, melakukan penelitian, atau berpartisipasi dalam perlombaan dapat menjadi modal untuk memperluas wawasan dan keterampilan sosial.

Dengan persiapan yang matang sejak masa sekolah, calon mahasiswa kedokteran dapat memperbesar peluang mereka untuk meraih impian menjadi seorang dokter yang sukses di masa depan.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA