24 C
id

Ayuk Nikmati Kekayaan Budaya Kopi Aceh: 6 Kedai Kopi Pilihan Terbaik dan Paling Hits di Banda Aceh


Warung kopi di Banda Aceh
Daphu Kupi


AchehNetwork.com - Aceh, di ujung barat Indonesia, dikenal dengan kegemarannya akan kopi yang kental, menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Lebih dari sekadar minuman, kopi di sini menjadi medium bagi orang-orang untuk bersantai, berbincang-bincang, dan bertukar informasi di tengah kesibukan mereka.

Di tengah gemerlapnya kota Banda Aceh, terdapat 5 kedai kopi yang menjadi favorit, masing-masing menawarkan pengalaman kopi yang unik:


1. Solong Ulee Kareng


Solong Ulee Kareng merupakan legenda di Aceh sejak didirikan pada tahun 1974. Terletak di pusat Banda Aceh, kedai ini terkenal dengan kopi saringnya yang memikat. 

Di sini, pengunjung dapat menikmati sentuhan khas kopi Aceh yang disajikan dengan cara yang autentik.


2. Kupi Khop


Kupi Khop merupakan kedai kopi modern yang menawarkan ragam pilihan kopi dan minuman lainnya. 

Suasana yang nyaman dan modern dengan dekorasi yang menyatukan unsur tradisional dan kontemporer membuat pengalaman minum kopi di sini menjadi istimewa. 

Kupi Khop dikenal dengan kualitas kopi dan keahlian baristanya yang mumpuni, sementara juga menyajikan beragam makanan ringan dan berat.


3. Warung Kopi Cut Nun


Sebagai salah satu kedai kopi tertua di Banda Aceh, Warung Kopi Cut Nun telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah kopi di daerah ini sejak didirikan pada tahun 1958. 

Dengan suasana yang masih mempertahankan tradisi lewat bangunan kayu dan perabotan sederhana, Warung Kopi Cut Nun menawarkan pengalaman minum kopi yang autentik.

Kopi hitamnya yang kuat dan kental memperkaya pengalaman menikmati kopi tradisional Aceh.


4. Dhapu Kupi


Dhapu Kupi adalah kedai kopi kekinian yang menawarkan berbagai pilihan kopi dan minuman lainnya. 

Suasana yang nyaman dan estetis dengan dekorasi modern dan artistik menjadikan tempat ini sangat instagramable. 

Selain menyajikan kopi berkualitas, Dhapu Kupi juga dikenal dengan kekreatifan para baristanya dalam menyajikan minuman. 

Ragam makanan ringan dan berat juga tersedia di sini untuk melengkapi pengalaman minum kopi.


5. Zakir Warkop


Warkop di Banda Aceh
Zakir Warkop/

Keberadaan Warkop Zakir telah merambah ke lima lokasi strategis di Banda Aceh, menjadikan warung kopi ini sebagai salah satu ikon bagi para penikmat kopi di kota ini. 

Warkop Zakir yang pertama berdiri kokoh di kawasan Keutapang, menghadap ke arah Mata Ie, menjadi pijakan awal bagi perjalanan rasa kopi yang autentik. 

Cabang kedua yang terletak di Lampriet, tepat di samping Gedung Perkantoran PLN, telah menjadi favorit di antara cabang-cabang lainnya. 

Lokasinya yang menghadap langsung ke jalan membuatnya menjadi magnet bagi para pelanggan yang ingin menikmati aroma kopi yang menggoda.

Cabang ketiga yang diresmikan pada bulan November 2013 di Kampung Ateuk, dekat dengan Taman Makam Pahlawan, turut menyemarakkan pengalaman minum kopi di Banda Aceh. 

Sementara cabang keempat yang berada di Darussalam, dan yang terbaru, yang baru selesai dibangun di Seutui, menawarkan kemudahan akses bagi para pencinta kopi di berbagai sudut kota.

Daya tarik utama dari Warkop Zakir terletak pada desain interior yang khas, mewakili kehangatan dan keakraban budaya kopi Aceh. 

Dengan tiap cangkir kopi yang disajikan, pengunjung tak hanya merasakan kenikmatan rasa, tetapi juga membenamkan diri dalam suasana yang menggugah selera dan kenyamanan yang menyelimuti ruangannya. 

Dengan begitu, Warkop Zakir tidak sekadar menjadi tempat untuk menikmati kopi, melainkan juga destinasi bagi pencinta kopi yang ingin merasakan sentuhan hangat kehidupan kopi di Banda Aceh.


6. Tower Coffee


Tower Coffee, dengan penampilannya yang eksklusif, telah berhasil menarik perhatian pemuda-pemudi maupun orang tua untuk berkunjung dan menikmati momen bersama di tempat ini. 

Terletak di pangkal Jalan Tgk Daud Beureueh, di belakang KFC Simpang Lima, Tower Coffee Simpang Lima bukan hanya menawarkan kopi berkualitas, tetapi juga menyediakan dua ruang meeting mini eksklusif di lantai II, yakni Ruang Robusta dan Ruang Arabika, masing-masing dengan kapasitas 30 orang.

Sebagai sebuah Tower Coffee Premium, tempat ini memadukan kenyamanan dan gaya dengan desain minimalis yang mewah. 

Ruangan yang dihiasi dengan lampu neon dan dipenuhi dengan sofa membuat para pengunjung merasa betah dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersama di sini. 

Keunggulan tempat ini tidak hanya terletak pada penampilannya yang mengagumkan, tetapi juga pada pelayanan yang sigap, kebersihan lantai, dan suasana yang tenang, menjadikan pengalaman mengunjungi Tower Coffee sebagai sesuatu yang tak terlupakan.


Kedai-kedai kopi ini hanya sebagian kecil dari banyaknya kedai kopi yang tersebar di Banda Aceh. 

Masing-masing menawarkan keunikan dan daya tariknya sendiri, menjadi destinasi menarik bagi pecinta kopi maupun wisatawan yang ingin merasakan kekayaan budaya kopi Aceh.

Jelajahi kedai-kedai kopi di Aceh untuk merasakan keberagaman dan kekayaan budaya kopi yang tak ternilai di daerah ini.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA