24 C
id

Disarankan 5 Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Sahur Agar Tubuh Tetap Kuat Tidak Mudah Lemas

Buah-buahan
Ilustrasi/net


AchehNetwork.com - Saat menjalani puasa sepanjang hari, tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat, bugar, dan menjaga kestabilan energi agar tidak mudah lemas.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengonsumsi berbagai macam buah-buahan, yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan air.

Makan buah saat sahur bukan hanya memberikan tambahan energi, tetapi juga melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dan membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

Berikut adalah lima buah yang sangat baik dikonsumsi selama sahur agar tidak mudah lemas selama bulan puasa yang kami rangkum dari berbagai sumber:


1. Kurma


Kurma bukan hanya menjadi hidangan tradisional untuk berbuka, tetapi juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk sahur. 

Buah kurma kaya akan nutrisi seperti glukosa, vitamin A, vitamin B12, vitamin B2, potassium, dan magnesium.

Selain itu, kurma juga dapat membantu menambah energi, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko stroke.

Salah satu rekomendasi terbaik adalah Kurma Tunisia Palm Fruit, yang tersedia dalam kemasan 500 gram dan sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. 

Selain dimakan langsung, kurma juga bisa diolah menjadi minuman segar seperti susu kurma atau jus, yang juga memberikan manfaat kesehatan seperti mengobati sembelit, menjaga kesehatan jantung, dan mendukung sistem saraf.



2. Melon


Saat berpuasa, tubuh rentan kehilangan cairan dan menjadi mudah haus. 

Konsumsi buah-buahan yang kaya akan air seperti melon dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 

Melon juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, kalium, natrium, dan serat, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan sebagai antioksidan.



3. Labu Parang (Labu Kuning)


Jika ingin menghindari nasi sebagai makanan utama saat sahur, labu parang atau labu kuning bisa menjadi alternatif yang sehat.

Labu ini kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan mineral, sehingga dapat memberikan energi, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan. 

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk kolak atau bubur labu yang lezat.



4. Alpukat


Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur karena dapat membuat perut kenyang lebih lama. 

Buah ini kaya akan serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral penting bagi tubuh. 

Manfaat alpukat termasuk melancarkan saluran pencernaan, mengontrol kadar kolesterol, dan menambah energi. 

Anda bisa menikmatinya langsung atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan seperti salad, sandwich, jus, atau smoothies.



5. Pisang


Pisang adalah buah yang mudah ditemukan dan terjangkau harganya. Kaya akan serat, kalium, vitamin A, B6, dan C, serta karbohidrat, pisang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, menetralkan asam lambung, dan membantu dalam proses diet. 

Anda bisa mengonsumsinya langsung atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan seperti smoothies, bubur, kolak, atau topping untuk overnight oats.

Mengonsumsi berbagai macam buah ini selama sahur tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, tetapi juga memberikan tambahan energi, mencegah dehidrasi, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan buah-buahan ini ke dalam menu sahur Anda selama bulan puasa.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA