24 C
id

Mengulik Kebijaksanaan Sunnah Berbuka Puasa dengan Buah Kurma Berjumlah Ganjil: Kehidupan Rasulullah dan Khasiat Kurma

Kurma
Buah Kurma/net


AchehNetwork.com - Dalam tradisi yang kaya akan makna, Rasulullah Nabi Muhammad SAW tidak hanya memulai berbuka puasa dengan kurma segar dan segelas air putih, tetapi juga dengan kebijaksanaan mendalam.

Ini bukan sekadar kebiasaan, tetapi sebuah sunnah yang penuh berkah dan hikmah.

Sunnah ini tidak hanya memberikan hidrasi setelah hari yang panjang berpuasa, tetapi juga memberikan dorongan energi langsung melalui gula alami yang terkandung di dalamnya. 

Sudah menjadi kebiasaan beliau untuk memulai dengan jumlah ganjil, seperti tiga butir, mengingatkan kita akan keindahan dan keseimbangan dalam ajaran Islam.

Dalam riwayat yang terkenal, beliau menyarankan agar kita mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil, seperti satu, tiga, lima, tujuh, atau sembilan.

Ini bukan semata-mata soal angka, tetapi mengandung pesan kearifan dalam setiap tindakan yang dilakukan.

Al-Munawi dalam Faidlul Qadîr menggambarkan kecintaan Rasulullah terhadap bilangan ganjil dalam segala urusan.

Bahkan saat berbuka puasa atau hendak melaksanakan shalat Idul Fitri, beliau selalu mengutamakan kebiasaan ini dengan memakan tujuh butir kurma.

Rasulullah selalu memilih kurma Ajwa, yang memiliki sejarah dan makna khusus dalam tradisi Islam.

Kurma ini bukan hanya makanan biasa, tetapi memiliki nilai spiritual dan kesehatan yang tinggi.

Dalam tradisi hadis, beliau menekankan keberkahan dan manfaat kesehatan dari kurma Ajwa.

Selain memberikan energi dan keberkahan, mengonsumsi kurma juga dianggap bisa melindungi dari racun dan sihir.

Hadis-hadis yang diriwayatkan menegaskan bahwa mengonsumsi kurma, khususnya kurma Ajwa, pada pagi hari dapat menjadi perlindungan dari ancaman tersebut sepanjang hari.

Namun, meskipun Rasulullah memakan kurma dalam jumlah ganjil, ini tidak berarti kita tidak boleh memakannya dalam jumlah genap.

Sunnah ini bukanlah tentang keterpilihan angka, tetapi tentang memahami nilai dan makna di balik setiap tindakan yang kita lakukan.

Selain itu, buah kurma sendiri memiliki manfaat kesehatan yang dapat kita nikmati, membuatnya menjadi pilihan yang bijak dan bermanfaat bagi tubuh dan roh kita.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA