24 C
id

Menpora: PON XXI Tetap di Aceh dan Sumatera Utara, Dukungan Penuh dari Pemerintah Aceh

PON XXI Aceh Sumut
Menpora Dito Ariotedjo/Foto: Kemenpora RI/HabaAceh.id


AchehNetwork.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, menegaskan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 akan tetap diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. 

Pernyataan ini disampaikan Dito sebagai respons terhadap kekhawatiran yang muncul dari berbagai pihak menyusul adanya isu terkait anggaran dan perdebatan seputar penyelenggaraan acara tersebut.


Dalam sidang dengan Komisi X DPR RI, Menpora Dito juga mengungkapkan bahwa telah mengundang Penjabat Gubernur (Pj Gubernur) Aceh beserta anggota DPR Aceh dalam sebuah pertemuan pada bulan Maret 2024. 

Hasil dari pertemuan tersebut adalah adanya kesepakatan antara pihak legislatif dan eksekutif Aceh untuk tetap mengawal dan mendukung penyelenggaraan PON.


"Dan alhamdulillah, per tanggal 18 Maret kemarin, DPR Aceh telah menyetujui APBA terkait dengan pelaksanaan PON di Aceh 2024, sehingga tidak ada lagi perdebatan atau masalah terkait anggaran di tingkat lokal," jelas Menpora.


Lebih lanjut, Menpora menjelaskan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga masih akan menggunakan sumber dana dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) untuk mendukung penyelenggaraan PON secara keseluruhan. 

Hal ini dianggapnya cukup aman dan tidak akan mengganggu program-program prestasi olahraga lainnya.


"Perlu diakui bahwa ini merupakan PON pertama yang diselenggarakan oleh dua provinsi sekaligus. Masing-masing provinsi memiliki kebanggaan dan semangat untuk menyelenggarakan acara ini dengan adil," tambahnya.


Selain PON, Menpora juga menegaskan bahwa Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) juga akan diselenggarakan di kedua provinsi tersebut. 

Kementerian Pemuda dan Olahraga saat ini sedang fokus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan kesuksesan acara tersebut.


"Dengan ini, saya tegaskan bahwa PON dan Peparnas tetap akan berlangsung pada tahun 2024," pungkas Menpora Dito dengan tegas.(*)


Sumber: Kemenpora RI/HabaAceh.id

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA