24 C
id

Monemvasia, Kota Tersembunyi di Pulau Batu yang Cantik di Yunani

Monemvasia
Kota Monemvasi/Foto: Greece Is


AchehNetwork.com - Monemvasia, sebuah keajaiban alam di tepi perairan Yunani, menyimpan cerita yang tak terlupakan dalam sejarahnya yang kaya. 

Terletak sekitar 300 meter lebar dan satu kilometer panjangnya, pulau ini telah terpisah dari daratan di sekitarnya sejak gempa dahsyat pada tahun 375 SM, memberinya kesan sebagai tempat yang tersembunyi dan sulit dijangkau.

Etimologi namanya, Monemvasia, menceritakan cerita tentang satu-satunya akses menuju ke pulau ini.

Dua kata Yunani, "mone" dan "emvasia", menyiratkan arti "pintu masuk tunggal", menggambarkan jalan sempit yang merupakan satu-satunya pintu gerbang menuju keajaiban alam ini.

Di balik tebing-tebing berbatu yang menjulang tinggi di Pulau Monemvasia, tersembunyi sebuah kota kecil yang telah menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah.

Dibangun sejak abad keenam oleh para pemukim Laconia kuno yang melarikan diri dari penjajah Slavia, kota ini telah menjadi tempat berlindung bagi mereka yang mencari perlindungan.

Awalnya, penduduk pulau ini tinggal di puncak dataran tinggi, tetapi seiring waktu, mereka mulai turun ke kaki bukit, menciptakan permukiman yang berkembang pesat di bawah perlindungan Kekaisaran Byzantium.

Pada puncak kejayaannya, Monemvasia menjadi sebuah pusat perdagangan yang ramai dengan populasi mencapai 40.000 jiwa, didukung oleh pelabuhan yang sibuk.

monemvasia
Kota Monemvasia/Foto: Enjoy Greece Magazines

Meskipun masa lalu Monemvasia yang kaya dipenuhi dengan pengaruh Bizantium, Turki Ottoman, dan Venesia, sayangnya, banyak bekas bangunan bersejarah yang telah dipugar atau direkonstruksi menjadi hotel dan restoran.

Namun, keajaiban alam ini masih tetap menjadi saksi bisu dari sejarah yang mengagumkan, menyimpan pesona dan keindahan yang tidak terpadamkan.

Pulau Monemvasia bukan sekadar destinasi wisata biasa; ia adalah sebuah tempat di mana setiap batu dan dinding memiliki cerita untuk diceritakan, di mana jejak masa lalu menyatu dengan kehidupan modern, menciptakan sebuah kisah yang tak terlupakan bagi siapa pun yang berkunjung ke sana.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA