24 C
id

Satu Truck Bantuan Darurat Dikirimkan oleh Pj Gubernur Aceh untuk Korban Puting Beliung di Aceh Tenggara

Puting Beliung Aceh Tenggara
Penyerahan paket bantuan korban puting beliung di Agara/Foto: via serambinews.com


AchehNetwork.com - Penjabat Gubernur (Pj) Aceh, Bustami Hamzah, telah mengirimkan satu truk bantuan darurat dari Pemerintah Aceh untuk membantu korban bencana puting beliung di Kabupaten Aceh Tenggara.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem Yacob, kepada Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir, MSi, di Pendopo Bupati Aceh Tenggara pada hari Kamis (28/3/2024).

Dr. Muslem menjelaskan bahwa tugas ini diberikan oleh Pj Gubernur Aceh untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada warga yang terdampak musibah di Aceh Tenggara.

"Sesuai instruksi dari Pj Gubernur Aceh dalam rangka Safari Ramadhan, kami telah mengirimkan bantuan darurat untuk disalurkan kepada korban bencana," kata Dr. Muslem.

Di sisi lain, Dr. Muslem juga menekankan pentingnya edukasi mitigasi bencana kepada masyarakat guna mengurangi dampak bencana di masa mendatang.

"Sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai mitigasi bencana agar dapat mengurangi kerugian yang ditimbulkan," tambahnya.

Pj Bupati Syakir menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Aceh atas bantuan yang telah diberikan melalui Kadis Sosial Aceh, yang telah menempuh perjalanan jauh untuk sampai di lokasi bencana.

"Ini merupakan apresiasi dari masyarakat Aceh Tenggara atas kehadiran langsung Kadis Sosial Aceh begitu mendengar kabar musibah ini," ungkap Syakir.

Syakir juga menegaskan bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten akan segera mengambil langkah-langkah untuk penanganan bencana ini, termasuk memberikan bantuan kebutuhan mendesak seperti makanan dan pakaian, serta rencana untuk memberikan bantuan rehabilitasi kepada rumah-rumah yang rusak.

Sebelumnya, Kadis Sosial Aceh bersama Pj Bupati Aceh Tenggara, unsur Forkopimda, dan sejumlah relawan telah turun langsung ke lokasi bencana di Kecamatan Lawe Sumur dan Tanoh Alas.

Diketahui bahwa angin puting beliung telah merusak 26 rumah di dua kecamatan tersebut pada Rabu (27/3) sekitar pukul 16.45 WIB, tepat sebelum waktu berbuka puasa.


50 Rumah Warga Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Aceh Tenggara

Sehari sebelumnya, pada Rabu (27/3/2024) sore pukul 17.20 WIB, sebanyak 50 rumah di Aceh Tenggara mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan deras.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Nazmi, mengungkapkan bahwa rata-rata rumah yang rusak mengalami kerusakan pada bagian atapnya, dan ada juga yang tertimpa pohon kayu.

Nazmi menjelaskan bahwa bencana ini terjadi di tiga kecamatan di wilayah Aceh Tenggara, yaitu Kecamatan Tanoh Alas, Kecamatan Lawe Alas, dan Kecamatan Lawe Sumur.(*)

Sumber: Serambinews.com
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA