24 C
id

Zhongdong, Desa Unik yang Tersembunyi di Dalam Gua Raksasa di Cina

Desa Zhongdong
Desa Zhongdong di dalam gua/Foto: ip3 press


AchehNetwork.com - Impian memiliki rumah yang kokoh dan nyaman telah menjadi cita-cita banyak orang.

Namun, di antara gemerlap perkotaan dan bangunan modern, terdapat sebuah desa yang memilih kehidupan yang berbeda: Desa Zhongdong di Cina.

Diliputi oleh perbukitan yang menjulang tinggi, Desa Zhongdong merupakan tempat tinggal bagi sekitar 20 keluarga atau sekitar 100 jiwa yang memilih untuk tinggal dalam gua raksasa yang terhimpit di antara batu-batu tersebut.

Menggunakan gua sebagai tempat tinggal bukanlah pilihan yang umum, namun bagi penduduk Desa Zhongdong, gua ini telah menjadi rumah bagi mereka selama berpuluh-puluh tahun.

Meskipun akses ke kota terdekat memerlukan perjalanan jauh, kehidupan sederhana dan damai di dalam gua memberikan kenyamanan yang tak tergantikan bagi mereka.

Desa Zhongdong
Jalan setapak menuju ke dalam gua/ip3 press

Desa tersembunyi ini terletak di perbukitan Cina Barat Daya, dan untuk sampai ke sana, hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki selama satu jam melewati anak tangga yang berkelok-kelok di antara lekukan-lekukan perbukitan.

Penduduk Desa Zhongdong, sebagian besar merupakan etnis minoritas Miao, mulai menetap di gua ini sekitar tahun 1949, saat perang saudara di Cina. 

Awalnya, mereka mencari perlindungan dari ancaman musuh, namun seiring berjalannya waktu, mereka merasa nyaman tinggal di dalam gua tersebut.

Gua ini memiliki dimensi yang mengagumkan, dengan lebar 115 meter dan tinggi lebih dari 48 meter, serta terletak pada ketinggian hampir 2000 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman mencapai 230 meter. 

Meskipun terdapat ladang di luar gua tempat penduduk berternak dan berkebun, kehidupan sehari-hari mereka berpusat di dalam gua.

Penduduk Desa Zhongdong mengelola ladang mereka dengan menanam berbagai macam sayuran seperti jagung dan labu. 

Namun, yang membuatnya unik adalah kehadiran ternak mereka, termasuk ayam, sapi, dan babi, yang juga turut tinggal di dalam gua tersebut.

Meski hidup berdampingan dengan ternak, rumah-rumah mereka tetap terjaga kebersihannya dan terlihat rapi. 

Pemerintah setempat telah mencoba membangun perumahan beton di bawah gunung sebagai alternatif tempat tinggal, namun penduduk Desa Zhongdong kembali memilih gua sebagai rumah mereka.

Keputusan mereka untuk tetap tinggal di gua tersebut bukanlah tanpa alasan. 

Meskipun ditawari tempat tinggal yang lebih modern, mereka lebih memilih menjaga tradisi dan gaya hidup mereka yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Dengan itu, Desa Zhongdong tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi penduduknya, tetapi juga menjadi simbol keberanian untuk mempertahankan identitas dan tradisi mereka di tengah arus modernisasi yang mengalir deras di sekitar mereka. 

Desa ini pun dianggap sebagai desa gua terakhir yang tersisa di Cina, sebuah tempat yang penuh dengan keindahan dan keberanian yang jarang ditemui di zaman ini.(*)/
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA