24 C
id

222 Keuchik di Pidie Jaya Beli Sepeda Motor NMAX dan PCX melalui APBDes 2024

Keuchik beli motor
Ilustrasi/Otoinfo


Pidie Jaya, AchehNetwork.com - Dalam sebuah pengembangan menarik, dikabarkan bahwa 222 kepala desa di Pidie Jaya telah membeli sepeda motor mewah jenis NMAX dan PCX. 

Pembelian kenderaan roda dua ini dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024.

Keputusan pembelian ini diambil dengan persetujuan dari Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie Jaya. 

Setiap desa di Pidie Jaya memasukkan anggaran sekitar Rp34 juta hingga Rp36 juta untuk pembelian sepeda motor tersebut. 

Para kepala desa menjelaskan bahwa pembelian ini dilakukan karena sepeda motor yang dibeli sebelumnya pada tahun 2018 sudah tidak layak digunakan.

Salah satu contoh pembelian ini dilakukan oleh Marhtonis, Keuchik Gampong Kuta Pangwa, yang membenarkan pembelian sepeda motor NMAX dengan anggaran APBDes senilai Rp34,9 juta. 

Menurutnya, rencana pembelian kenderaan roda dua ini merupakan ide bersama para kepala desa di Pidie Jaya, terutama karena sepeda motor sebelumnya sudah dipakai lebih dari lima tahun.

Hal serupa juga disampaikan oleh Keuchik Gampong Blang Dalam, Kecamatan Bandar Dua, yang membenarkan pembelian sepeda motor baru jenis PCX atau NMAX. 

Meskipun sepeda motor jenis Vario yang dibeli pada tahun 2018 masih layak, pembelian sepeda motor baru ini merupakan kesepakatan bersama.

Dilansir dari popularitas.com, Kepala DPMG Pidie Jaya, Hasbi, tidak memberikan tanggapan atas pertanyaan terkait pembelian ini ketika dihubungi wartawan. 

Bahkan saat dicoba untuk diwawancarai langsung di Kantor Bupati Pidie Jaya, Hasbi tidak bersedia memberikan keterangan lebih lanjut. 

Ia hanya menegaskan bahwa pembelian sepeda motor tersebut merupakan keputusan kepala desa sendiri dan tidak melibatkan DPMG Pidie Jaya.

Meskipun DPMG Pidie Jaya melakukan verifikasi APBDes, Hasbi menegaskan bahwa keputusan pembelian tersebut sepenuhnya ditentukan oleh kepala desa bersama unsur Tuha Peuet di Gampong. 

Hasbi juga menegaskan bahwa tugas DPMG Pidie Jaya hanya sebatas pencairan dana desa dan bukan dalam pengambilan keputusan pembelian.

Saat ini, pertanyaan tentang urgensi pembelian sepeda motor baru untuk para kepala desa, terutama mengingat pengadaan sepeda motor jenis Vario pada tahun 2018, diarahkan untuk ditanyakan langsung kepada para kepala desa terkait.(*)

Sumber: popularitas.com

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya