24 C
id

Curug Dago: Pesona Air Terjun Eksotis dengan Jejak Sejarah di Kota Bandung

 

Curug Dago
Curug Dago/


AchehNetwork.com - Di tengah hiruk-pikuk keseharian, menyegarkan mata dan pikiran dengan menikmati keindahan alam menjadi sebuah pilihan yang menarik. 

Salah satunya adalah menjelajahi tempat-tempat wisata air terjun yang eksotis. Kota Bandung, yang dikelilingi oleh pegunungan, mempersembahkan berbagai destinasi air terjun yang menakjubkan.


Salah satu yang layak untuk dikunjungi adalah Curug Dago. "Curug" sendiri merupakan kata dalam bahasa Sunda yang berarti air terjun, sedangkan "Dago" adalah nama lokasinya. 

Terletak di Jalan Dagopojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Curug Dago menawarkan pesona alam yang memukau.


Lokasinya yang tersembunyi di dalam kawasan Taman Hutan Raya di Jalan Ir H Djuanda memberikan pengalaman petualangan tersendiri bagi pengunjung. 

Untuk mencapainya, pengunjung harus berjalan dari area parkir melalui jembatan gantung yang menambah kesan petualangan.


Curug Dago, yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Tangkuban Perahu, memiliki dua ceruk yang terbentuk akibat erosi sungai dengan ketinggian sekitar 15 meter. 

Namun, yang membuatnya lebih menarik adalah jejak sejarahnya yang menarik. Peninggalan berupa dua prasasti batu dengan aksara Thailand dari abad ke-18, dikaitkan dengan kunjungan Raja Rama V dan Raja Rama VII dari dinasti Chakrim. 

Tak heran, Curug Dago kerap dikunjungi oleh wisatawan asal Thailand, terutama saat Hari Raya Waisak.


Suasana sejuk dan pemandangan yang memesona menjadikan Curug Dago sebagai tempat yang sempurna untuk melepas penat. 

Udara segar dan lingkungan yang asri, jauh dari hiruk-pikuk kota, membuat pengalaman wisata semakin menyenangkan. 

Lokasinya yang cocok untuk trekking juga menambah daya tariknya bagi para petualang.


Selain keindahan alamnya, Curug Dago dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung bagi para pengunjung. 

Mulai dari lahan parkir yang luas, beragam penjual makanan di sekitar, hingga tempat peristirahatan di bawah pepohonan rindang. Penginapan seperti Dago Pakar juga tersedia di dekat tempat wisata ini.


Tak hanya sebagai tempat berwisata, Curug Dago juga menjadi latar belakang yang sempurna untuk berfoto bersama orang tersayang. 

Dengan air terjun yang mempesona sebagai latar belakang, momen spesial Anda pun akan terabadikan dengan indah. Tak lupa, Anda pun bisa menikmati kesegaran air terjun dengan bermain di bawahnya.


Dengan kombinasi pemandangan yang memesona dan sejarah yang menarik, Curug Dago menjadi destinasi yang sempurna untuk mengisi waktu luang Anda. 

Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, tiket masuk yang terjangkau sekitar Rp 10-15 ribu saja membuat pengalaman wisata di Kota Bandung semakin berkesan. 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam di Curug Dago saat Anda berada di Bandung!(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya