24 C
id

Jemaah Haji Aceh Bersiap Memasuki Gelombang Kedua Menuju Tanah Suci

Jemaah Haji Aceh
Kepala Kanwil Kementerian Agama Aceh, Azhari/



AchehNetwork.com - Antusiasme menjelang ibadah haji terus memuncak di tanah Aceh, dengan para jemaah yang siap memasuki gelombang kedua pemberangkatan menuju Tanah Suci pada tahun ini. 

Dilansir dari situs resmi Kemenag Aceh, Kepala Kanwil Kementerian Agama Aceh, Azhari, dengan penuh semangat mengumumkan bahwa para jemaah akan memulai perjalanan suci mereka pada tanggal 29 Mei mendatang.

Dalam keterangan resminya, Azhari menjelaskan bahwa sebanyak 4709 jemaah haji beserta petugas akan berangkat dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, menuju Mekah. Mereka akan terbagi dalam 12 kelompok terbang atau yang sering disebut Kloter.

"Gelombang kedua ini memberikan kemudahan bagi persiapan di Kanwil, Asrama Haji, serta bagi para jemaah haji sendiri," ujar Azhari dengan penuh harap pada hari Kamis, 18 April 2024.

Persiapan tidak hanya dilakukan di tingkat kanwil, tetapi juga di tingkat kabupaten/kota. 

Kementerian Agama terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti maskapai Garuda, Perum Damri, dan Angkasa Pura, agar segala informasi terkait pemberangkatan dapat dipahami dengan baik oleh seluruh jemaah.

Tidak hanya soal transportasi, tetapi juga soal kesehatan dan kesiapan mental jemaah menjadi fokus utama. 

Azhari mengingatkan agar para jemaah memperhatikan kesehatan fisik dan mental mereka, serta memantapkan manasik haji. 

Manasik haji sendiri akan dilaksanakan di setiap kabupaten/kota, dengan harapan semua pesan yang disampaikan dapat diikuti dengan serius agar para jemaah benar-benar siap secara mental dan spiritual saat tiba di Tanah Suci.

Rapat koordinasi yang melibatkan berbagai pihak terkait, seperti Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Banda Aceh, Garuda Indonesia Cabang Aceh, dan Perum DAMRI Cabang Banda Aceh, juga telah dilaksanakan. 

Tujuannya adalah untuk memastikan kesiapan seluruh instansi terkait dalam mendukung pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Kami akan terus memaksimalkan persiapan jelang keberangkatan jemaah ke Tanah Suci, baik dari segi penerbangan, angkutan darat, maupun pemeriksaan kesehatan," tambah Azhari.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, Aceh siap menyambut para jemaah haji untuk memulai perjalanan spiritual yang penuh makna dan keberkahan. 

Semoga ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan mendapat ridha serta keberkahan dari Allah SWT.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya