24 C
id

Lonjakan Kunjungan Wisata Lebaran 2024 ke Sabang, 17 Ribu Lebih Pengunjung Berdatangan


Wisata Sabang
(Foto via Tinjauan Id)


AchehNetwork.com - Memasuki musim libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M, Kota Sabang menjadi tujuan ramai dengan kedatangan sebanyak 17.922 orang dalam rentang waktu 1 hingga 13 April 2024.

Husaini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang, mencatat lonjakan penumpang kapal penyeberangan terjadi mulai dari tujuh hari sebelum Lebaran hingga empat hari setelahnya.

 "Kami melihat kondisi yang cukup padat sejak Kamis minggu lalu hingga Sabtu, bahkan hari ini keramaian masih terasa," ujarnya pada Minggu (14/4).

Total penumpang yang tiba di Sabang selama periode tersebut mencapai 17.922 orang, sedangkan yang berangkat dari Sabang menuju Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh sebanyak 16.511 orang. 

Jumlah keseluruhan penumpang menggunakan transportasi laut, baik ke maupun dari Sabang, mencapai 34.433 orang. 

Mereka juga membawa 6.951 unit kendaraan roda dua dan 2.043 unit kendaraan roda empat.

"Sampai hari ini, masih banyak wisatawan yang datang ke Sabang, memanfaatkan dua hari terakhir libur Lebaran bersamaan dengan arus balik. 

Jumlah trip kapal juga terus bertambah, dengan 6 trip kapal Roro dan 4-5 trip kapal ekspres bahari. Kami memastikan semua penumpang terlayani," jelas Husaini.

Sementara itu, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, berharap lonjakan kunjungan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat serta mempromosikan Pulau Weh secara lebih luas.

"Bagi para wisatawan, selamat menikmati liburan dan keindahan alam, budaya, serta sejarah Kota Sabang. Mari kita jaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan," tambahnya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya