24 C
id

Apakah Harimau Merupakan Bagian dari Keluarga Kucing? Berikut Jawaban yang Perlu Kita Ketahui!

Keluarga Kucing
Harimau/pixabay


AchehNetwork.com - Mungkin terdengar aneh, tapi pertanyaan apakah harimau adalah kucing sebenarnya cukup wajar. 

Setelah semua, mereka sering disebut sebagai "kucing besar" dengan alasan yang jelas. Mari kita telusuri lebih dalam.

Harimau (Panthera tigris), menurut Britannica, adalah anggota terbesar dari keluarga kucing (Felidae). 

Meskipun ukurannya jauh lebih besar dari kucing rumahan, mereka masih memiliki banyak kesamaan dengan saudara-saudara mereka yang lebih kecil.

Mulai dari anatomi, harimau memiliki struktur tulang yang mirip dengan kucing lainnya. 

Tulang belakang mereka fleksibel dan mereka memiliki kaki yang kuat dengan cakar yang bisa ditarik, seperti yang dimiliki kucing domestik. 

Gigi mereka juga mencerminkan struktur gigi kucing lainnya, dengan gigi seri yang tajam untuk menggigit dan gigi geraham yang kuat untuk mengunyah daging.

Kumis panjang dan sensitif yang dimiliki harimau membantu mereka dalam navigasi dan berburu, mirip dengan fungsi kumis pada kucing rumahan. 

Bahkan, lidah kasar mereka, dilapisi dengan duri kecil, membantu dalam merobek daging dan membersihkan tulang, hal yang juga dimiliki oleh kucing kecil.

Tidak hanya dari segi fisik, perilaku harimau juga menunjukkan kesamaan dengan kucing rumahan. 

Mereka bisa mendengkur untuk menunjukkan kenyamanan atau kepuasan, serta suka mandi dan berenang untuk menjaga kebersihan tubuh mereka.

Dalam hal berburu, harimau menggunakan teknik yang mirip dengan kucing lainnya, seperti menguntit, menerkam, dan mencekik mangsa mereka. 

Mereka adalah predator soliter yang berburu mangsa besar seperti rusa, babi hutan, dan kerbau.

Bahkan dalam aspek reproduksi, harimau tidak jauh berbeda dengan kucing kecil. 

Betina mengalami masa kawin selama beberapa hari setiap tahunnya, masa kehamilan berlangsung sekitar 100 hari, dan anak-anak mereka lahir buta dan tidak berdaya, disusui oleh induknya selama sekitar 6 bulan.

Jadi, apakah harimau adalah kucing? Secara ilmiah, jawabannya adalah ya. 

Meskipun mereka jauh lebih besar dan lebih kuat daripada kucing rumahan, harimau masih tergolong dalam keluarga kucing dan memiliki banyak kesamaan baik dari segi fisik maupun perilaku.

 Jadi, meskipun mereka mungkin terlihat menakutkan, sebenarnya mereka hanya kucing besar dengan insting berburu yang kuat dan kekuatan yang mengagumkan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya