24 C
id

Cara Mengatasi Masuk Angin saat Kehamilan: 7 Obat yang Aman dan Efektif

Masuk angin
Ilustrasi/


AchehNetwork.com - Masuk angin seringkali menjadi keluhan yang mengganggu bagi ibu hamil. 

Meskipun biasanya sembuh dalam beberapa hari, menggunakan obat masuk angin untuk ibu hamil dapat membantu meredakan gejalanya dengan lebih cepat, memungkinkan ibu hamil untuk melanjutkan aktivitasnya dengan nyaman.


Ada beberapa pilihan obat masuk angin yang aman untuk ibu hamil seperti yang dilansir dari alodokter:


1. Panadol Kaplet


Panadol kaplet mengandung paracetamol yang efektif meredakan berbagai gejala masuk angin seperti nyeri otot, sakit kepala, dan meriang. 

Paracetamol biasanya direkomendasikan untuk ibu hamil dalam dosis rendah dan dalam jangka pendek, namun konsultasi dengan dokter tetap diperlukan sebelum penggunaannya.


2. Promaag Tablet


Promag mengandung hydrotalcite dan magnesium hidroksida yang dapat mengurangi sakit maag dan menurunkan asam lambung. 

Obat ini juga dilengkapi dengan simethicone yang membantu mengurangi gas berlebih di saluran pencernaan.


3. Mylanta Cair


Mylanta cair mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang bekerja dengan menetralkan asam lambung berlebih. 

Ditambah dengan kandungan simethicone, obat ini dapat meredakan gejala masuk angin seperti mual, perut kembung, dan nyeri ulu hati.


4. Madu Murni TJ


Madu Murni TJ merupakan pilihan obat masuk angin yang aman bagi ibu hamil karena mengandung madu murni 100% tanpa tambahan bahan kimia. 

Madu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mengatasi panas dalam, dan meningkatkan stamina.


5. Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong


Minyak angin aromaterapi ini mengandung berbagai bahan alami seperti menthol, camphor, dan citrus oil yang dapat menenangkan dan menghangatkan tubuh. 

Penggunaannya sebagai obat oles memungkinkan untuk meredakan nyeri dengan cepat.


6. Minyak Angin Cap Kapak


Minyak angin ini mengandung menthol, metil salisilat, camphor, dan minyak eukaliptus yang memberikan sensasi hangat dan nyaman, membantu meringankan gejala masuk angin seperti sakit kepala dan nyeri otot.


7. Freshcare Citrus Minyak Angin Roll On


Roll on ini mengandung menthol, camphor, minyak zaitun, dan citrus yang dapat membantu meredakan berbagai gejala masuk angin seperti sakit kepala, perut kembung, dan nyeri otot.


Selain menggunakan obat-obatan, ibu hamil juga dapat mencoba beberapa cara alami untuk mengurangi gejala masuk angin, seperti minum air yang cukup, konsumsi minuman hangat, istirahat yang cukup, mandi air hangat, dan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan.

Meskipun obat-obatan tersebut umumnya aman digunakan, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaannya, terutama jika masih dalam trimester pertama kehamilan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya