24 C
id

Dengan Ketinggian 40 Meter, Ini Lah Pesona Air Terjun Soraya, Objek Wisata yang Memukau di Rerimbunan Hutan Lindung Subulussalam

Air Terjun Soraya
Air Terjun Soraya, Subulussalam/Foto: @yulzimuammarqhadafi


AchehNetwork.com - Dalam jantung Kota Subulussalam, Aceh, tersembunyi sebuah keajaiban alam yang mempesona - Air Terjun Soraya. 

Dengan tinggi mencapai 40 meter, air terjun ini tak hanya menawarkan panorama memukau, tetapi juga menyajikan pengalaman yang menyegarkan bagi para pengunjungnya.

Terletak dalam hutan lindung yang menjadi bagian dari Kawasan Konservasi Leuser, Air Terjun Soraya menawarkan kesempurnaan alam yang masih alami dan terjaga. 

Kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun menawarkan kedalaman yang dangkal namun memikat dengan airnya yang sejuk dan menyegarkan.

Bagi para petualang yang ingin menyambangi keindahan Air Terjun Soraya, perjalanan dimulai dari Banda Aceh. 

Dari ibu kota Aceh ini, perjalanan sejauh 561 kilometer menuju Subulussalam akan membawa Anda melintasi pemandangan yang menakjubkan, meskipun memakan waktu sekitar 10 jam.

Setibanya di Subulussalam, petualangan sebenarnya belum dimulai sepenuhnya. 

Untuk mencapai air terjun ini, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki perahu motor dari Dermaga Gelombang Sultan Daulat. 

Melalui Sungai Soraya atau Lae Soraya, perjalanan menyusuri air akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. 

Sungai ini menjadi salah satu yang terpanjang di Aceh, membentang melintasi berbagai wilayah, bahkan hingga ke Provinsi Sumatera Utara.

Setelah perjalanan menarik di atas perahu, pengunjung akan memasuki anak sungai di sebelah kiri dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit. 

Sampai di lokasi utama Air Terjun Soraya, segala kelelahan akan terbayar dengan pemandangan yang memukau. 

Air terjun yang menyegarkan bersama hutan tropis yang rindang memberikan suasana yang menenangkan dan menyegarkan.

Tak hanya sebagai objek wisata alam, kawasan Air Terjun Soraya juga menjadi tempat penelitian bagi para peneliti lokal maupun mancanegara. 

Flora dan fauna yang unik di kawasan ini menawarkan berbagai peluang penelitian yang menarik. 

Sementara menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat belajar tentang konservasi hutan dan keanekaragaman hayati.

Dengan keindahan yang memukau dan pengalaman yang menarik, Air Terjun Soraya tidak hanya menjadi destinasi wisata yang populer tetapi juga menjadi jendela bagi para pengunjung untuk menghargai keajaiban alam dan pentingnya menjaga lingkungan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya