24 C
id

Keunikan Pulau-Pulau Kecil Indonesia: 7 Destinasi Wisata Pulau Kecil, Surga Bagi Wisatawan Pecinta Alam

Wisata Pulau
Ilustrasi/pixabay



AchehNetwork.com - Indonesia, dengan kekayaan ribuan pulau, tidak hanya menyajikan pulau-pulau megah seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua, tetapi juga menyimpan pulau-pulau kecil yang tak kalah menariknya.

Dilansir dari Channel Youtube Abdu TV yang menghadirkan informasi menarik mengenai beberapa pulau kecil di Indonesia yang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.



1. Pulau Simo


Pulau Simo, yang bertetangga langsung dengan Samudera Hindia, lebih dikenal dengan penduduknya yang mayoritas bekerja di sektor perkebunan daripada nelayan. 

Dari total 1.741 penduduk, hanya sedikit kepala keluarga yang menggantungkan hidup mereka dari hasil laut. 

Mayoritas penduduk memilih untuk mengelola kebun kelapa, menghasilkan sekitar 200 ton kopra setiap bulannya. 

Namun, kendala utama seperti kurangnya sarana transportasi dan jaringan telekomunikasi membuat hasil panen seringkali dihargai murah oleh para agen.


2. Pulau Subi Kecil


Terletak di Kepulauan Natuna, Pulau Subi Kecil dihuni oleh 2.888 jiwa pada tahun 2012. 

Pulau ini hanya disinggahi oleh kapal perintis setiap 12-14 hari sekali, dengan transportasi darat yang terbatas hanya menggunakan sepeda motor dan lima mobil. 

Listrik dari PLN hanya tersedia selama enam jam, dari pukul 18.00 hingga 24.00. Pulau ini membutuhkan perhatian lebih dalam hal infrastruktur dan fasilitas dasar.


3. Pulau Miangas


Pulau Miangas, terletak di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, lebih dekat dengan Filipina dibandingkan Indonesia. 

Meskipun hanya dihuni oleh 728 jiwa pada tahun 2010, pulau seluas 3,5 km² ini menghadapi tantangan serius terkait akses bahan pangan karena terbatasnya transportasi dan kurangnya pasar atau pelabuhan besar untuk menampung hasil laut.


4. Pulau Makalehi


Berada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Pulau Makalehi memiliki kesejahteraan penduduk yang lebih baik daripada Miangas. 

Dengan menggunakan armada penangkapan ikan yang cukup besar, pulau seluas 4,2 km² ini menjadi pusat perikanan tangkap di Kabupaten Sitaro. 

Kini dihuni oleh 1.287 jiwa, dengan suku Sangir sebagai kelompok etnis dominan.


5. Pulau Karimun Kecil


Terletak hanya setengah mil laut dari Malaysia dan 13,5 mil laut dari Singapura, Pulau Karimun Kecil dimanfaatkan sebagai tempat persinggahan atau berlabuh kapal untuk keperluan bongkar muat. 

Meskipun memiliki potensi besar, pendidikan di pulau ini masih tertinggal. Mayoritas anak-anak tidak menyelesaikan pendidikan dasar. 

Penduduknya terbagi di dua pemukiman, yaitu Alur Besar dan Pegawai Dalam.


6. Pulau Simping


Pulau Simping, terletak di Kalimantan Barat, diakui sebagai pulau terkecil di dunia oleh PBB. 

Meskipun dulu berpenghuni, pulau seluas 0,5 hektar ini sekarang ditinggalkan karena abrasi. 

Namun, pulau ini masih menjadi tujuan wisata yang populer karena keindahannya. 

Akses ke Pulau Simping cukup mudah, hanya 20 menit berkendara dari Singkawang atau tiga jam perjalanan dari Pontianak.


7. Pulau Pelampong


Pulau Pelampong, terletak di Kepulauan Riau, memiliki luas sekitar 0,7 km² dengan ketinggian antara 0 hingga 2 meter di atas permukaan laut. 

Meskipun hanya dihuni oleh 10 jiwa dalam tiga kepala keluarga, keadaan alamnya yang masih terjaga menjadikannya alternatif wisata menarik. 

Pulau ini dapat dicapai dengan perahu motor dari pelabuhan penyeberangan Sekupang Batam selama 40-45 menit.


Dari pulau-pulau kecil ini, kita dapat belajar banyak tentang keanekaragaman budaya dan tantangan yang dihadapi oleh penduduk setempat. 

Semoga dengan perhatian lebih, pulau-pulau ini dapat berkembang dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya