24 C
id

Kuala Kencana, Kota Modern di Tengah Hutan Rimba Papua yang Menakjubkan

Kuala Kencana
Kuala Kencana/


AchehNetwork.com - Kuala Kencana, salah satu kota yang pernah menjadi sorotan google trending pada Selasa, 2 Agustus 2022, telah mengukir reputasi sebagai sebuah perwujudan modernitas dan kemandirian di Kabupaten Timika, Papua. 

Terletak 20 kilometer dari Timika, kota ini adalah sebuah oasis di tengah hutan Timika yang subur.

Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995, Kuala Kencana memikat perhatian publik karena infrastruktur dan tata kelola yang menjulang ke tingkat internasional, menyerupai kota-kota modern di Eropa. 

Pemukiman yang terorganisir dengan apik, terbagi dalam blok-blok yang teratur, menjadikan kota ini sebuah daya tarik bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Suasana hijau, bersih, dan tertata rapih menyambut setiap pengunjung yang melangkah ke dalam kawasan ini, menciptakan sensasi aman dan nyaman yang langka di perkotaan. 

Salah satu hal yang mencolok dari Kuala Kencana adalah absennya tiang listrik dan telepon yang berjejer di sisi jalan, karena semua saluran tersebut tertanam rapih di bawah permukaan tanah.

Tak hanya itu, Kuala Kencana juga membanggakan sistem manajemen limbah yang efektif, mengarahkan air kotor ke pusat pengelolaan limbah, sehingga kota ini tidak pernah dilanda banjir. 

Fasilitas water treatment plant menjadikan air kran di Kuala Kencana langsung layak untuk diminum.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai dari pendidikan dan pelayanan kesehatan hingga tempat ibadah. 

Tidak ketinggalan fasilitas olahraga yang lengkap seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, lapangan futsal, dan lain-lain, semuanya tersedia secara gratis bagi warganya.

Selain itu, keberadaan fasilitas tambahan seperti mall, hotel, restoran, kafe, dan supermarket menjadi magnet tambahan bagi pengunjung dan penduduk setempat. 

Segala infrastruktur ini dipelihara secara rutin untuk memastikan bahwa standar kualitas hidup di Kuala Kencana tetap terjaga dengan baik.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya