24 C
id

Prakirawan BMKG: Wilayah Barat Selatan Aceh Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

 

Hujan
Ilustrasi/pixabay


AchehNetwork.com  - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cut Nyak Dhien Nagan Raya mengeluarkan peringatan terkait potensi hujan lebat yang diperkirakan akan mengguyur wilayah barat selatan Aceh dalam dua hari ke depan. 

Peringatan ini disampaikan sebagai langkah pencegahan terhadap potensi bencana hidrometeorologi dan tanah longsor yang mungkin terjadi.


Almira Apriliyanti, seorang prakirawan BMKG Cut Nyak Dhien Nagan Raya, menjelaskan bahwa hujan lebat diprediksi terutama akan terjadi pada siang hingga malam hari.

 "Kondisi hujan ini disebabkan oleh peralihan musim atau yang biasa kita sebut sebagai musim pancaroba," ungkapnya dalam keterangan kepada media pada Rabu (1/5).


Almira juga menambahkan bahwa saat ini kondisi cuaca tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim, seperti hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir. 

Oleh karena itu, warga dan para nelayan di wilayah tersebut diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati menghadapi kondisi cuaca yang mungkin berubah secara tiba-tiba.


Tak hanya itu, Almira juga memberikan informasi terkait kondisi gelombang laut di perairan barat selatan Aceh. 

Berdasarkan pantauan BMKG, gelombang laut di wilayah tersebut dikategorikan sedang dengan ketinggian antara 1,25 hingga 2,5 meter.


Peringatan ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi masyarakat setempat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem. 

Dengan demikian, diharapkan dampak dari hujan lebat dan kondisi cuaca yang tidak menentu dapat diminimalisir, sehingga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tetap terjaga.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya