24 C
id

Quiet Mode Instagram: Memahami dan Memanfaatkan Fitur Notifikasi Terkendali


Quiet mode instagram
Ilustrasi/pixabay.com



AchehNetwork.com - Instagram telah meluncurkan fitur yang disebut "Quiet Mode" atau mode senyap, yang menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih terkendali dengan mematikan notifikasi selama periode waktu yang ditentukan. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada aktivitas mereka di dunia nyata tanpa gangguan dari lonjakan notifikasi Instagram.


Apa itu Quiet Mode Instagram?
Quiet Mode atau mode senyap Instagram adalah fitur yang mematikan notifikasi Instagram selama periode tertentu. 

Saat fitur ini diaktifkan, pengguna akan mengalami perubahan visual pada profil mereka, dengan titik aktif yang biasanya hijau berubah menjadi ikon bulan. 

Ini adalah sinyal bagi pengikut atau pengguna lain bahwa seseorang sedang dalam mode senyap.

Selain itu, ketika seseorang mencoba mengirimkan pesan langsung kepada pengguna yang sedang dalam mode senyap, mereka akan menerima balasan otomatis yang menjelaskan bahwa notifikasi tentang pesan tersebut tidak akan diterima selama periode tersebut. 

Namun, setelah mode senyap berakhir, pengguna akan menerima ringkasan dari semua notifikasi atau pesan yang diterima selama periode tersebut.


Cara Mengaktifkan Quiet Mode Instagram
Aktivasi Quiet Mode Instagram cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka profil atau foto profil akun Instagram.
  2. Klik ikon menu di bagian kanan atas.
  3. Pilih opsi notifikasi.
  4. Aktifkan atau nonaktifkan "Mode Senyap".

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur durasi Quiet Mode, dengan opsi hingga 12 jam per hari atau bahkan durasi yang lebih lama sesuai kebutuhan.


Manfaat Quiet Mode Instagram
Quiet Mode Instagram memberikan pengguna kontrol lebih besar atas waktu yang mereka habiskan di platform tersebut. 

Dengan mematikan notifikasi, pengguna dapat menghindari gangguan yang tidak perlu dan lebih fokus pada kegiatan di dunia nyata. 

Fitur ini juga membantu mengelola waktu layar dan mengurangi gangguan selama periode tertentu, seperti saat bekerja, belajar, atau beristirahat.


Selain itu, mode senyap juga memungkinkan pengguna untuk memberikan tanggapan otomatis pada pesan langsung yang diterima saat mereka dalam mode ini. 

Pengaturan defaultnya adalah dari pukul 23.00 hingga 07.00, tetapi dapat disesuaikan sesuai preferensi pengguna.

Meta, perusahaan di balik Instagram, juga merekomendasikan pengguna, khususnya remaja, untuk mengaktifkan mode senyap saat menggunakan platform pada larut malam. 

Hal ini membantu menjaga keseimbangan pengguna dalam penggunaan media sosial dan mempromosikan tidur yang lebih berkualitas.

Dengan demikian, Quiet Mode Instagram tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang lebih terkendali, tetapi juga mendukung kesejahteraan digital dan keseimbangan dalam penggunaan media sosial.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya