24 C
id

Sate Matang: Sate yang Membawa Aroma Khas Aceh di Setiap Gigitannya

Sate Matang
Sate Matang/


AchehNetwork.com - Sate Matang, hidangan khas dari tanah Aceh, telah merambah ke berbagai kota di Indonesia, menyajikan cita rasa yang memukau bagi siapa pun yang mencicipinya. 

Berjalan di tengah-tengah komunitas warga Aceh di berbagai belahan negeri ini, gerobak bertuliskan 'Sate Matang' dengan bangga memamerkan sajian unggulannya: sate yang disajikan bersama semangkuk kuah soto. 

Perpaduan segar kuah soto dan aroma harum sate yang baru dibakar akan langsung menggugah selera makan Anda.

Meskipun namanya mungkin menimbulkan dugaan, 'Matang' dalam 'Sate Matang' sebenarnya bukan mengacu pada 'telah masak', melainkan merupakan nama daerah asal hidangan ini, tepatnya Matang Geulumpang Dua di perbatasan Bireuen dan Aceh Utara. 

Daerah inilah yang menjadi basis para penjual Sate Matang, menyebarkan aroma menggoda dari masakan khas Aceh ini ke seluruh penjuru.

Apa yang membuat Sate Matang berbeda dari sate-sate lainnya? Pertama-tama, adalah pilihan dagingnya yang menggiurkan, terdiri dari daging sapi dan daging kambing. 

Dengan dua pilihan ini, Anda dapat menyesuaikan dengan selera Anda sendiri.

Proses memasaknya juga memberikan sentuhan khas. 

Daging yang telah dipotong kecil-kecil direndam dalam bumbu-bumbu rempah seperti ketumbar, bawang putih, jahe, kunyit, dan garam, sebelum kemudian ditusuk dan dibakar dengan api yang merah menyala.

Namun, keunikan Sate Matang tidak hanya pada sate-nya saja. 

Hidangan ini juga disajikan dengan bumbu kacang yang khas, serta semangkuk kuah soto yang memikat. 

Kuah soto ini seringkali mengandung potongan kentang dan daging, memberikan rasa gurih dan segar yang memanjakan lidah. 

Aroma khas dari sereh dalam kuah juga memberikan nuansa tersendiri yang sulit dilupakan.

Berbeda dengan Kari Itik yang sering dijadikan hidangan makan siang di Banda Aceh, Sate Matang lebih cocok dinikmati sebagai hidangan malam. 

Meskipun dapat ditemui sepanjang hari, namun penjual-penjual Sate Matang akan lebih ramai beroperasi saat malam tiba, menunggu para pelanggan yang haus akan cita rasa khasnya.

Salah satu tempat yang menjadi surganya Sate Matang adalah di sekitar pusat jajanan seperti REX Peunayong. 

Jadi, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Aceh, pastikan untuk mencicipi lezatnya Sate Matang yang khas dan menggugah selera itu.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya